Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil

Advertisement
Cara memasang relay klakson - salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat suara klakson mobil kita menjadi lebih nyaring adalahengan jalan memasangkan sebuah relay pada rangkaian klakson, dengan penambahan relay pada sistem klakson, tentu arus listrik dibuat lebih pendek tanpa harus melewati saklar utama.

Dengan lebih pendeknya sirkuit rangkaian ini, arus dari aki mobil tidak akan berkurang dan akan langsung masuk kedalam horn sehingga suara klakson pun menjadi nyaring.

Hal ini berbeda jika pada rangkaian klakson tersebut tidak dipasangkan relay, arus yang semula besar dari aki akan menuju ke saklar, dalam hal ini tombol klakson yang ada di setir mobil sehingga arusnya menjadi berkurang. Berkurangnya kuat arus inilah yang menyebabkan klakson bunyinya terasa kurang nyaring.

Baca juga : Yuk mengenal sistem kelistrikan di sepeda motor

Wiring diagram relay pada klakson


Cara Memasang Relay Pada Klakson Mobil



Diatas adalah diagram rangkaian relay pada sistem klakson mobil yang bisa kalian contoh, untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

Kaki relay terminal 30 disambungkan langsung menuju kutub positif aki, untuk opsional kita bisa menambahkan sekring atau fuse untuk menjaga agar relay tidak mudah rusak jika terjadi arus pendek. Pastikan juga anda memakai kabel warna merah berukuran besar disini.


Sedangkan kaki terminal 87 disambungkan menuju beban seperti klakson, lampu mobil dan lain sebagainya. Karena kita saat ini membahas mengenai relay pada klakson, maka kaki 87 ini disambungkan menuju ke klakson. Sedangkan arus negatif untuk klakson bisa langsung diambilkan ke massa atau ground di body mobil.

Dan terakhir untuk kaki terminal nomor 85 dan 86 ini salah satunya dihubungkan ke massa / ground, dan sisanya dihubungkan ke tombol klakson dan dilanjutkan ke kutub positif aki mobil. Jadi untuk kaki terminal 85 dan 86 ini terbalik tidak masalah sebab fungsinya hanyalah sebagai aktivasi kemagnetan saja, dimana saat tombol klakson ditekan membuat lilitan yang teraliri listrik berubah menjadi magnet yang nantinya akan menarik / menghubungkan arus dari terminal 30 menuju terminal 87.

Sekilas cara kerja relay 4 terminal
Sesuai dengan namanya relai ini memiliki 4 kaki atau terminal utama yakni terminal nomor 85, 86, 87 dan 30. Terminal 85 dan 86 ini adalah satu rangkaian tertutup antara massa / ground - terminal 85 - kumparan relay - terminal 86 - tombol klakson - kutub positif aki. Dimana nantinya ketika tombol klakson ditekan maka pada kumparan akan terjadi gaya magnet yang mampu menghubungkan saklar didalam relay.

Sedangkan terminal 87 dan 30 ini adalah rangkaian tertutup yang menghubungkan antara aki - terminal 30 - saklar relay - Terminal 87 - horn / klakson. Ketika tombol klakson ditekan, pada kumparan akan terjadi gaya kemagnetan yang nantinya bisa menyambungkan saklar relay ini, dan selanjutnya arus dari aki yang masuk melalui terminal 30 bisa terhubung ke terminal 87 menuju horn sehingga klakson bisa menyala.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh ketika kita menambahkan relay pada sistem kelistrikan seperti contohnya sistem klakson diatas Yakni bisa memperbesar suara klakson mobil ( motor juga bisa ). Untuk kelebihan lainnya silahkan bisa membaca tulisan kami lainnya yang membahas fungsi dari delay secara detail.

Baca juga : Berbagai manfaat pasang relay pada kelistrikan mobil dan motor

Subscribe to receive free email updates: