Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi Dan Mengatasinya

Advertisement
Mengatasi klakson mobil tidak bunyi - keberadaan klakson pada kendaraan bermotor, dimana fungsi dari klakson ini adalah untuk memberi peringatan baik orang disekitar maupun pengendara lain yang tidak tahu atau tidak menyadari ketika kita sedang melintas, sehingga kita pun terhindar dari yang namanya kecelakaan.

Lalu bagaimana jika sampai klakson pada mobil ini mati alias tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya ? nah jika klakson mobil tiba tiba mati anda sebaiknya langsung melakukan pengecekan dan perbaikan, sebab bila tidak akan berujung bencana dijalan raya.

rangkaian relay klakson mobil

Banyak sekali penyebab kenapa klakson mobil menjadi tidak bisa bunyi secara tiba tiba, mulai dari rusaknya tombol kontak klakson, kabel klakson, relay klakson sampai dengan horn yang memang sudah mulai rusak. Untuk melakukan pengecekan yang paling gampang bisa dimulai dari bagian horn terlebih dahulu.

Cara mengecek horn / klakson yang mati atau rusak

Untuk melakukan pengecekan kenapa klakson mobil ini mati pastikan bahwa horn dalam keadaan normal. Caranya lepas horn dari dudukannya, kemudian hubungkan langsung ke sumber tenaga ( dalam hal ini aki mobil ) mengunakan kabel. Horn yang normal akan berbunyi nyaring, bila bunyinya terputus putus atau bahkan tidak bunyi sama sekali silahkan lakukan penggantian horn.

Cek relay klakson ( bila ada )

Setelah horn di cek dan kondisinya baik baik saja alias normal, pengecekan bisa dilanjutkan ke bagian relay klakson jika klakson mobil memakai relay. Untuk melakukan pengecekan kondisi relay bisa dengan membuka kotak relay, kemudian hubungkan langsung kaki kaki nomor 85 dan 86 langsung ke sumber tenaga ( dalam hal ini aki ) lalu perhatikan apakah terjadi gerakan pada kontaktor relay ataukah tidak, seharusnya kontaktor yang didalam relay harus bekerja membuka tutup, bila tidak terjadi apa apa ada indikasi relay mengalami kerusakan dan sebaiknya lakukan penggantian.

Baca juga : Cara menambahkan relay untuk klakson mobil

Cek tombol klakson / kabel spiral jika ada

Bila kedua komponen baik itu horn maupun relay dalam keadaan bagus / normal, pengecekan dilanjutkan ke bagian tombol klakson. Buka tutup setir dan perhatikan apakah ada soket soket konektor yang longgar, bila ada rapatkan dan tancapkan kembali. Bila mobil anda memakai kabel spiral, coba lakukan pemeriksaan pada bagian kabel spiral yang ada didalam klakson, bila putus lakukan penyambungan dengan jalan di solder bila memungkinkan. Namun bila tidak bisa disambung lakukan penggantian kabel spiral.


Cek bagian kabel kabel penghubung

Setelah semua komponen diatas telah diperiksa dan dalam keadaan baik baik saja, ada kemungkinan masalahnya ada di bagian kabel kabelnya, coba lakukan pengecekan apakah ada kabel klakson yang putus atau tidak dengan menggunakan Avometer, periksa juga posisi kabel ground / massa horn apakah posisinya kurang bagus.

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa klakson mobil tiba tiba mati dan cara mengatasi klakson mobil yang mati. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: