Cara Pasang Aki Mobil Tanpa Harus Di Charger / Dicas Dulu

Advertisement
Cara memasang aki mobil - walaupun aki mobil rutin dilakukan perawatan namun yang namanya barang buatan manusia tentu saja memiliki batasan atau usia pakainya, tentu dengan rutin melakukan perawatan pada komponen tersebut bisa menekan agar mampu bertahan jauh lebih lama lagi jika dibandingkan tidak dirawat sama sekali, begitu juga halnya dengan aki mobil.

Salah satu perawatan yang umum dilakukan untuk merawat aki mobil anda adalah dengan selalu memperhatikan ketinggian air aki untuk jenis aki basah, dan tidak membebani aki dengan perangkat elektronik yang mampu menguras energi didalam aki secara mendadak yang membuatnya sering mengalami low.

cara mengganti aki mobil
Kutub positif aki mobil


#Tips mengganti aki mobil tanpa di cas atau dicarger

Bagi kalian bila aki mobil sudah mengalami kerusakan dan harus melakukan penggantian sendiri dirumah, tips dibawah ini mungkin akan sangat berguna bagi anda yang ingin melakukan penggantian aki mobil tanpa harus mengecasnya terlebih dahulu ( walau sebenarnya tidak dilakukan charger dulu juga tidak apa apa.


  1. Pertama anda harus mempersiapkan aki baru dan juga kunci pas - ring untuk membuka baut pengikat kabel kepala aki, biasanya menggunakan kunci pas rung 8 atau 10.
  2. Setelah semua siap silahkan anda nyalakan terlebih dahulu mesin mobil anda, selanjutnya anda bisa mengendorkan baut pengunci kepala atau kutup aki positif ( + ) terlebih dahulu yang biasanya ditandai dengan ditutup lapisan karet warna merah. Kenapa harus kutub positif dahulu ? Karena pada kutub negatif sudah dihubungkan ke body mobil sebagai masa sehingga yang perlu anda lakukan hanyalah menjaga kutub aki positif saja.
  3. Setelah kutub aki positif terlepas, mintalah bantuan teman untuk memegang kabel positif aki dari body mobil agar tidak terjadi konslet. Bila anda tidak ditemani oleh sseorang, bisa memanfaatkan plastik atau karet balon untuk mengikat / mengisolasi kabel positif aki.
  4. Sesudah kabel positif aki terlepas dan diamankan, selanjutnya lepaskan kabel negatif yang menuju ke aki, untuk kabel yang satu ini tidak perlu anda amankan, cukup anda lepas saja.
  5. Setelah semua kabel terlepas, buka pat pengikat aki dan ambil aki lama yang ada didalam ruang mesin, selanjutnya diganti dengan aki yang baru.
  6. Untuk pemasangan kabel aki dahulukan memasang kabel aki negatir ( - ) baru kemudian yang terakhir adalah memasang kabel aki yang positif ( + ). sampai disini proses penggantian aki mobil tanpa harus di cas dulu sudah selesai, anda tinggal menunggu beberapa jam dan tetap membiarkan mesin mobil menyala atau bisa langsung memakai kendaraan anda jalan, hal ini agar tegangan aki mobil terisi penuh oleh alternator.

Untuk artikel yang berkaitan dengan aki dan alternator silahkan anda telusuri lebih jauh dibawah ini :



Nah sangat mudah sekali bukan cara melakukan penggantian aki tanpa harus di cas terlebih dahulu, karena pasalnya alternator yang terdapat pada kendaraan fungsinya sama yakni sebagai charger aki sehingga anda tidak harus direpotkan lagi mengecas aki secara manual menggunakan alat pengecas aki :).


Subscribe to receive free email updates: