Cara Mengecek Apakah Alternator Sudah Rusak

Advertisement
Cek kerusakan alternator - beberapa komponen penting yang terdapat pada kendaraan bermotor roda empat yang memiliki fungsi sebagai alat penyuplay energi listrik ( pembangkit listrik ) untuk mendukung komponen lain didalam mobil yang membutuhkan listrik seperti AC, lampu lampu, radiotape dll ialah alternator.

Bila alternator ini sampai rusak tentu akan menimbulkan masalah seperti aki sering tekor walau sudah diganti baru, mobil tidak kuat distarter, dan yang paling parah adalah mobip tiba tiba langsung mogok karena listrik yang seharusnya disuplay oleh alternator diambil alih oleh AKI yang lambat laun akan habis energinya.

alternator


Nah daripada anda kesal dan mengeluh kenapa aki yang baru diganti bisa tekor lagi dan lagi, mungkin disebabkan karena alternator tersebut sudah tidak mampu lagi melakukan tugasnya untuk mencharger AKI. Untuk itu anda perlu mengetahui kondisi alternator mobil anda, apakah masih dalam kondisi bagus ataukah sudah mengalami kerusakan yang caranya adalah sebagai berikut.

Pengecekan dengan menggunakan volmeter

  • Silahkan anda matikan mobil dan buka kap mesin anda.
  • Pasang ujung ujung kabel volmeter pada kutub aki, warna merah untuk kutup positif dan yang hitam untuk kutup negatif dan lihat berapa tegangan aki tersebut, jika tegangan berada pada kisaran 12 V keatas maka kondisi aki bisa dipastikan bagus.
  • Selanjutnya mintalah bantuan orang untuk menstarter kendaraan anda dan menggeber mesin dengan rpm diatas 2000 kemudian lihatlah jarum alat ukur volmeter tersebut, jika menunjukkan angka 13,5V sampai 14V berarti menandakan alternator dalam kondisi bagus  dan bila hanya menunjukkan tegangan di angka 12 V atau kurang, hal ini menandakan alternator sudah tidak mampu lagi melakukan tugasnya untuk melakukan pengisian ke aki.
  • Ketika melakukan pengetesan cobalah anda nyalakan semua sistem kelistrikan seperti lampu besar, AC, radio tape dan lihatlah apakah beban kelistrikan menurun ataukah tetap.

Pengecekan dengan menggunakan baterry tester

Untuk cara yang lebih modern anda bisa menggunakan sebuah alat yang bernama baterry tester, untuk cara penggunaannya bisa mengikuti panduan dari masing masing alat.
Alat baterry terter ini mampu mengukur apakah AKI dalam kondisi normal, dan juga mengetahui apakah pengisian berjalan normal ataukah tidak.



Nah begitulah tadi tips bagaimana cara mengecek kondisi alternator. Untuk menghindari alternator tidak mudah rusak pastikan anda tidak memasang sistem yang membutuhkan energi listrik yang over seperti sistem audio dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: