Apa Yang Harus Dilakukan Bila Mesin Overheat Di Jalan ?

Advertisement
Yang harus dilakukan ketika mesin overheat - Tingginya arus kemacetan di jalan raya di beberapa kota besar di indonesia memang kerap kali terjadi dengan berbagai alasan seperti penerapan sistem buka tutup, pengalihan lajur hingga yang kerap kali menjadi penyebab adalah terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Ketika mobil sedang terjebak macet biasanya mesin tetap dalam keadaan menyala agar AC mobil tetap bisa mendinginkan suhu didalam kabin.

mesin overheat

Nah bagi pemilik mobil yang kurang begitu memperhatikan perawatan mobilnya khususnya dalam merawat sistem radiator mobil, dapat mengakibatkan mesin mobil menjadi overheat yang tentu saja dapat semakin membahayakan komponen mesin bila tetap dipaksakan untuk dijalankan. Lalu apa yang harus dilakukan bila sudah terjadi yang demikian ?

#Ketahui penyebab overheat

Dalam sebuah sistem mesin mobil tidak akan pernah terjadi yang namanya overheat jika sang pemiliknya rajin melakukan perawatan terhadap kendaraannya, terutama pada bagian sistem pendinginan seperti penggunaan watercooler khusus, rajin melakukan pembersihan radiator dan juga memastikan bahwa kips radiatornya menyala normal.

Baca juga : Cara perbaiki kebocoran radiator mobil

#Langkah tepat ketika mobil terjadi overheat


  • Langkah paling tepat jika terjadi overheat pada mobil anda adalah dengan langsung menepikan mobil ke pinggir jalan dan segera mematikan mesin mobil agar temperatur atau suhu mesin turun kembali.
  • Setelah itu langkah selanjutnya adalah dengan menelepon bengkel servis resmi terdekat dimana mobil anda sedang overheat agar dilakukan pengecekan lebih lanjut, bila anda bisa melakukannya sendiri, cobalah cek apakah air radiator bersirkulasi dengan normal ataukah tidak, caranya adalah dengan membuka tutup radiator ketika mesin sudah dingin baru kemudian menstarter mesin dan melihat bagian dalam lubang radiator. Bila air radiator tidak terlihat tersirkulasi berarti ada bagian sistem pendinginan yang tersumbat. Jangan lupa juga mengecek apakah kipas radiator terputar atau tidak ketika suhu mesin sudah mulai memanas kembali, bila mesin sudah panas namun kipas tidak terputar, bisa jadi penyebabnya adalah dari elektrikal radiator fan.


Biasanya bila anda memanggil bengkel servis resmi anda akan ditawarkan bantuan derek ke bengkel ( biasanya gratis ) yang nantinya akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh oleh teknisi ahli mengenai penyebab overheat tadi, termasuk estimasi penggantian komponen yang rusak bila ada serta biaya turun setengah mesin jika ternyata head cylinder mesin bengkok akibat dari kejadian overheat tadi.

Baca juga : Isi air radiator sembarangan, penyebab sistem pendingin tersumbat dan overheat

Biaya turun setengah mesin sendiri terbilang lumayan mahal, belum lagi part atau suku cadang seperti gasket dan lain lain yang perlu diganti. Oleh sebab itu rajin rajinlah dalam melakukan perawatan mobil secara menyeluruh, karena bila mobil sudah mulai rusak akan memakan biaya perbaikan yang lumayan menguras kantong.


Subscribe to receive free email updates: