Ini Penjelasan Kenapa Tanggal Kadaluarsa SIM Sama Dengan Tanggal Lahir

Advertisement
Hubungan tanggal kadaluarsa SIM dan tanggal lahir - mungkin bagi sebagian besar orang masih belum tahu dan bertanya tanya kenapa tanggal kadaluarsa dari Surat Ijin Mengemudi atau SIM sama dengan tanggal lahir kita, padahal kita membuatnya bukan pas pada tanggal tersebut.

Nah bagi yang masih penasaran mengenai misteri hubungan antara tanggal lahir dan tanggal kadaluarsa SIM silahkan disimak dibawah ini.


Penjelasan kenapa kadaluarsa SIM sama dengan tanggal lahir

Bagi sebagian besar orang terlebih bagi mereka yang memiliki banyak pekerjaan menumpuk atau bahkan sudah tua, akan susah untuk mengingat hari atau momen tertentu seperti kapan harus perpanjang SIM, kapan harus perpanjang KTP, kapan harus bayar cicilan utang dan lain sebagainya bukan ? Nah satu satunya hari yang paling di ingat oleh mereka mereka ini kemungkinan terbanyak adalah hari ulang tahun mereka saja.

mistery tanggal kadaluarsa SIM

Baca juga : Penjelasan kenapa sebaiknya mesin dipanasi sebelum dipakai

Yuppss benar saja karena saya sendiri pun juga demikian. Dan oleh karena hal itu pulalah pihak kepolisian menetapkan bahwa tanggal kadaluarsa disamakan dengan tanggal lahir si pemilik SIM walaupun mereka membuatnya belum atau telah melewati tanggal dan bulan mereka lahir, agar nantinya diharapkan si pemegang SIM akan dengan mudah mengingat kedua momen penting ini yakni hari ulang tahun mereka dan juga hari dimana SIM mereka telah kadaluarsa.

Dengan disamakannya tanggal kadaluarsa SIM dengan tanggal lahir maka diharapkan si pemilik SIM akan selalu ingat dan terhindar yang namanya "telat memperpanjang SIM" dimana seperti yang telah dicantumkan dalam peraturan Kapolri Nomor 09 tahun 2012 pasal 28 ayat 3 tentang perpanjangan SIM yang menjelaskan bahwa SIM yang sudah lewat masa aktifnya alias sudah kadaluarsa walaupun lewat 1 hari, maka si pemilik SIM tidak bisa melakukan perpanjanga dan HARUS membuat SIM baru.

Baca juga : Lakukan hal ini bila mesin mobil mengalami overheat di jalan

Nah bagaimana sudah tahukan misteri dibalik tanggal lahir dan juga masa kadaluarsa SIM kendaraan ? Bila anda adalah calon pengurus SIM baru yang belum pernah melakukan pembuatan Surat Ijin Mengemudi alangkah baiknya anda menunggu hari dimana ulang tahun anda tiba, hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah agar anda tidak rugi di 5 tahun pertama memiliki SIM hehehe :).


Subscribe to receive free email updates: