Sepeda Motor Terendam Banjir ? Apa Yang Harus Dilakukan ?

Advertisement
Tindakan ketika motor terendam banjir - memang banjir adalah momok bagi sebagian pengendara motor roda dua sebab air akibat banjir tersebut bisa membuat kendaraan menjadi rusak baik ketika dipaksakan untuk menerjang banjir, ataupun terendam oleh air banjir dalam kondisi terparkir di tempat parkir umum seperti penitipan sepeda motor yang ada di stasiun atau terminal.

Nah mungkin bagi anda yang tinggal didaerah rawan banjir dan kebetulan motornya terendam banjir dalam kondisi terparkir, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan agar sepeda motor kesayangan anda tidak rusak. Apa sajakah itu, silahkan disimak dibawah ini.


Yang perlu dilakukan ketika motor terendam banjir

motor terjang banjir

1. Jangan menyalakan motor / kick starter

Langkah pertama jika anda memiliki sepeda motor yang terendam oleh banjir ialah jangan sesekali menyalakannya atau sekedar menggerakkan engkol kick starter layaknya sedang melakukan starter kaki. Hal ini bukan tanpa alasan, dengan kita mencoba melakukan hal seperti itu, air yang kemungkinan masuk didalam knalpot atau filter udara bisa masuk kedalam ruang mesin yang tentu saja sangat tidak bagus untuk mesin motor.

Baca juga : Usaha cuci motor, peluang usaha menjanjikan tiada matinya

2. Cek kondisi busi sepeda motor

Periksa kondisi dari busi sepeda motor kalian, bila perlu bersihkan dari kotoran yang ada.

3. Cek filter udara sepeda motor

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada filter atau saringan udara, bila terdapat embun atau malah kemasukan air sebaiknya anda keringkan dahulu atau bila filter sudah rusak karena terkena air sebaiknya diganti dengan komponen yang baru.

4. Cek kondisi dalaman tangki bahan bakar

Point ini dapat anda lakukan bilamana motor terendam banjir full diatas tangki. Bongkar tangki bahan bakar dan kuras bensin kemudian taruh di wadah seperti jurigen dan lain sebagainya, kemudian bersihkan tangki sampai bersih kemudian keringkan.

5. Tap oli mesin

Periksa juga apakah ruang mesin kemasukan oleh air ataukah tidak, caranya adalah dengan cara mengetap atau mengeluarkan oli mesin dari ruang mesin dan menampungnya dengan menggunakan baskom untuk diamati, ciri paling utama ketika oli tercampur dengan air ialah warnyanya berubah menjadi coklat sampai putih susu. Lakukan penggantian jika oli tersebut tercampur dengan air, namun bila normal dan tidak tercampur dengan air bisa kalian masukkan kembali untuk digunakan. Khusus untuk motor bermesin matic, jangan lupa memeriksa oli gardan juga.

6. Bersihkan throtle body dan injektor

Bila banjir menggenangi diatas kedua komponen diatas maka wajib hukumnya melakukan pembersihan pada kedua komponen ini.

7. Bersihkan bagian CVT untuk motor matic

Khusus untuk kendaraan bermesin matic jika terendam oleh banjir sebaiknya dilakukan juga pembongkaran pada bagian CVT, lakukan pembersihan secara menyeluruh air yang masuk pada bagian ini bila ada.

8. Lumasi komponen bergerak

Langkah terakhir setelah melakukan pemeriksaan pemeriksaan diatas ialah mencuci kendaraan sampai bersih kemudian melumasi komponen yang bergerak dengan menggunakan oli pelumas khusus seperti 4WD - 40 seperti pada bagian gear, rantai, lengan ayun dan lain sebagainya agar tidak timbul karatan.

Baca juga : Ini bahayanya membeli motor STNK atau BPKB saja

#Hubungi bengkel servis resmi

Bila anda tidak ingin kerepotan membersihkan ini dan itu maka cukup telpon bengkel servis resmi terdekat yang ada dikota anda dan sampaikan bahwa motor anda terendam banjir, nanti biar dijemput oleh mekanik untuk selanjutnya dibawa ke bengkel dan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Itulah tadi beberapa hal yang harus anda lakukan ketika mendapati motor terendam banjir, selalu perhatikan perawatan sepeda motor anda agar awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: