Tips Ganti Velg Mobil, Perhatikan Hal Berikut

Advertisement
Modifikasi sebuah mobil memang menjadi sesuatu yang wajib bagi para pengguna kendaraan ber kemudi bulat ini agar terlihat keren dan macho. Dan salah satu part atau item yang menjadi sasaran para modifikator ( owner ) adalah pada bagian kaki kaki khususnya velg mobil.

Namun dalam memodifikasi item yang satu ini harus perlu diberikan perhatian yang extra karena mengubah atau mengganti velg yang tidak disertai pertimbangan yang matang tentu saja dapat menyebabkan performa mesin menjadi terganggu.

velg keren
velg racing via autoevolution.com


Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dan wajib diperhatikan sebelum kalian melakukan penggantian velg mobil kesayangan.

1.Memilih model yang disukai

Untuk urusan model velg yang hendak dipasangkan ke mobil memang menjadi daya tarik tersendiri, pilihlah desain velg yang unik dan menarik pokoknya beda dari yang lain agar tidak terkesan pasaran. Usahakan jangan menggunakan velg mobil slalom karena velg model ini tidak cocok digunakan untuk harian dan mudah sekali bengkok. Urusan warna tergantung selera masing masing owner modifikator.

2.Memilih dimensi velg yang tepat

Terkadang beberapa orang mengabaikan hal ini, pokoknya velg yang akan dibeli bagus ya dibeli dan dipasangkan ke mobil. Nah setelah terpasang dan dipakai timbul masalah seperti suara suara mendecit saat belok dan lain sebagainya yang biasanya menggunakan dimensi velg yang salah ( terlalu besar ).
Ketentuan standard dalam mengupgrade velg mobil adalah diameter dan lebarnya diusahakan hanya naik sekitar 1 - 2 inchi saja dengan lebar maksimal naik sebesar 1 inchi. Misal velg standard ukuran ring 15 inchi dengan lebar 6 inchi, maka ukuran velg usahakan maksimal dengan diameter 16 inchi plus lebarnya 7 inchi, atau menggunakan diameter 17 inchi namun dengan lebar 7 inchi.

3.Memilih bahan velg

Dipasaran untuk model velg racing sendiri terdapat dua bahan utama diantaranya adalah berbahan besi stainless stell dan aluminium. Penggunaan velg berbahan besi stainless ini tentu akan menambah berat beban kaki kaki / roda sehingga memperberat pula kinerja mesin yang nantinya akan membuat bensin menjadi boros. Untuk itu sebaiknya pergunakanlah bahan velg yang terbuat dari aluminium karena selain ringan, kebanyakan desainnya sangat elegan dan keren keren.

Baca juga : Tips merawat bearing roda agar tidak mudah rusak

Catatan
Penggunaan velg yang tidak benar akan menyebabkan ketidak nyamanan dalam berkendara seperti menikung yang kurang bagus dan lain sebagainya.
Menggunaan velg yang tidak standard dapat menyebabkan masalah lain seperti kesulitan menikung, bunyi ketika belik, berdecit, hingga mobil terasa oleng ketika belok akibat terlalu lebarnya telapak.
Velg dari bahan aluminium usahakan pilih bentuk palang yang kokoh karena bila tidak dikhawatirkan akan jebol ketika sering melewati jalanan jelek.

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa dijadikan acuan dalam memodifikasi velg kendaraan.


Subscribe to receive free email updates: