Mitos Goblok menyalakan Motor Menggunakan Kick Starter

Advertisement
Tips motor konyol menstarter motor - sore hari ini entah kenapa saya lagi jenuh sekali untuk membuat artikel mengenai dunia otomotif khususnya otomotif roda dua. Nah disaat kejenuhan mulai melanda datanglah wangsit kedalam diri saya ketika ada salah satu teman saya yang adu debat mengenai kelebihan menyalakan motor menggunakan kick starter dulu sebelum benar benar dinyalakan sehingga membuat hati kecil saya tertawa terbahak bahan mendengar pernyataan mereka.

jadi ceritanya mereka mendebatkan bahwa kita perlu mengayuh kick starter terlebih dahulu sebelum mesin motor dinyalakan, alasannya katanya agar oli terdistribusi keseluruh komponen mesin sebelum mesin benar benar dinyalakan. Bahkan si teman saya ini mengandai andaikan kondisi mesin itu seperti manusia yang baru bangun tidur dan minum. Entah dia dapat idealisme dari mana mengenai pernyataan tersebut sehingga terpaksa dengan ke sok an saya datang, melerai dan menjelaskan mitos konyol tersebut.

yamaha r3
gambah hanya ilustrasi : yamaha R3 by motorcycledaily.com


Menyalakan mesin menggunakan kick starter mati dulu baru dengan electrik starter

Menanggapi pernyataan yang satu ini yang membuat saya sedikit tertawa, menurut alasannya, cara ini bisa membuat oli mesin naik dan melumasi seluruh permukaan mesin sebelum mesin dinyalakan dan hidup, dengan begitu kondisi daleman mesin akan awet dan tidak mudah rusak. Bagaimana dengan electrik starter ?

Bukankah ketika kita menstarter motor menggunakan electrik starter sampai mesin hidup, akan membuat komponen oil pump atau pompa oli menjadi aktif dan malah akan membuat oli disemburkan dengan tekanan yang tinggi keseluruh area mesin sehingga oli akan lebih terdistribusi secara merata dan sempurna.

Masih belum paham ? Coba lihat dan bandingkan dengan sebuah mobil, semua sistem mesin itu sama antara motor dan mobil, apakah anda pernah melihat orang ingin menyalakan mobil, namun mendorongnya terlebih dahulu dengan alasan agar oli terdistribusi dengan baik, baru kemudian menyalakan dengan menggunakan starter ? tidak kan. Saya yakin anda pasti akan ditertawakan oleh banyak orang jika melakukan hal yang demikian. "Lha wong enek starter kok milih dorong".

Loh mas, yang ngasih tahu saya itu teknisi loh

Yah banyak sekali jenis jenis teknisi didunia ini, mulai dari yang pintar teori sampai yang memang benar benar pintar dan mengerti bagaimana sebuah mesin bekerja. Mungkin saja yang ngasih tahu anda itu adalah salah satu korban teori tanpa bukti yang didapatkan di internet sehingga dia kemakan dengan teori yang mereka baca kemudian dengan teori teori tersebutlah dia menjelaskannya kepada kalian.

Ingat bahwa starter electrik ini diberikan untuk kemudahan anda dalam menyalakan mesin, sedangkan kick starter saat ini tidak lain hanyalah digunakan sebagai alternatif lain bilamana kondisi accu motor sedang sowak dan tidak bisa menstarter dengan menggunakan electrik starter maka kick starterlah yang bertindak. Untuk mesin motor injeksi justru sebaiknya selalu nyalakan mesin menggunakan electrik starter, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa parah kerusakan AKI motor dan kita bisa dengan cepat mengambil keputusan apakah akan mengganti dengan aki baru ataukah tidak. Ingat peranan aki sangatlah berpengaruh terhadap mesin motor injeksi.

Baca juga : Fungsi penting penutup pentil pada ban

Jadi bila kalian membaca berita apapun tanpa didasari dengan argumen yang bisa dipercaya sebaiknya jangan memakan pernyataan tersebut secara mentah mentah. Seperti salah satunya adalah mengenai mitos angin ban nitrogen dicampur angin biasa bisa meledak, nyatanya di udara bebas ini hampir diatas 80% komposisinya adalah angin nitrogen, selebihnya oksigen dan angin biasa.

kick starter


Dan inti dari pembahasan kita kali ini antara menggunakan kick starter ataupun electrik starter adalah sama sama menghidupkan mesin, bedanya adalah menggunakan electrik starter lebih praktis karena teknologi dikembangkan fungsinya adalah untuk memudahkan manusia bukan ?. Electrik starter diciptakan untuk digunakan, bukan hanya sebagai pajangan :).


Subscribe to receive free email updates: