Setir Mobil Ringan Tanpa Power Steering

Advertisement
Cara membuat setir mobil ringan tanpa menggunakan power steering apakah bisa ? memang setir kemudi mobil yang terasa berat membuat kita menjadi lebih mudah lelah saat mengontrolnya karena kita membutuhkan tenaga extra guna melakukan hal itu terlebih khususnya untuk mobil yang memang belum support menggunakan power steering secara bawaan.

Untuk mengatasi hal ini dimana setidaknya kita tidak perlu lagi merasa terlalu berat dari biasanya yaitu dengan mengatasinya dengan cara melakukan beberapa penyetelan ataupun penambahan komponen yang bisa membuat kemudi jadi jauh lebih ringan dibandingkan sebelumnya.



1. Gunakan sudut camber positif

Opsi pertama ialah dengan melakukan penyetelan bagian kaki - kaki mobil, khususnya pada sudut camber roda depan mobil yang dibuat menjadi lebih positif. Sudut camber yang semula negatif dan dirubah menjadi positif tentu akan membuat kemudi mobil menjadi lebih ringan. Namun perubahan ini jangan terlalu positif sekali karena akan berdampak pada kendali mobil yang liar yang seolah - olah mobil terasa seperti limbung dan tergelincir.

Baca juga : Atasi setir mobil terlalu ringan agar stabil

Kalian bisa merubah sudut camber ini yang mungkin semula adalah negatif menjadi positif di bengkel spooring terdekat di kota mu. Oh iya untuk maksimal sudut positif camber usahakan jangan lebih dari 0.30 derajat ya, kalian bisa memberikan informasi kepada sales advisor ataupun mekanik yang mengerjakan kegiatan spooring ini.

Untuk jasa spooring ini tergantung pula bengkel yang kalian datangi sebab harga bisa bervariasi mulai dari 100 ribu rupiah hingga ada yang sampai 500 ribu bahkan lebih tergantung model mobil serta tingkat kesulitan dalam menanganinya, serta bila mungkin perlu penambahan componen semisal camber kit.

2 Pasang power steering sendiri

Opsi selanjutnya ialah dengan melakukan modifikasi yakni menambahkan komponen power steering aftermarket di bengkel khusus power steering, karena disana anda akan diberikan komponen terbaik yang sesuai dengan model kendaraanmu karena tiap kendaraan tentu saja berbeda ukuran panjang steering rack dan aksesoris pendukung lainnya.

Untuk biaya pemasangan komponen power steering ini bervariasi tergantung merk komponen steering assy serta jasa dari masing masing bengkel. Untuk harga steering rack nya saja bisa antara 4juta an hingga 6jt an bahkan lebih.

Baca juga : Cara merawat power steering mobil

dengan menerapkan kedua opsi diatas kalian bisa sedikit senang karena setir mobil tidak lagi terasa berat yang membuatmu selalu merasa lelah dan kram jari saat menempuh perjalanan yang cukup jauh. Nah semoga sedikit tips diatas bisa bermanfaat dan silahkan sesuaikan metode dengan anggaran biaya yang kalian miliki tentunya.


Subscribe to receive free email updates: