Repair Turbocharger Apakah Efektif ?

Advertisement

Perbaikan turbocharger - mesin mobil yang sudah menggunakan turbocharger memang membutuhkan perawatan extra dibandingkan dengan mobil non turbocharger. Sebab jika sampai salah dalam merawat turbo bisa mengalami kerusakan dimana ongkos beli baru nya akan sangat mahal sekali hingga puluhan juga untuk turbocharger yang ukurannya kecil tersebut.

Perawatan turbocharger sebenarnya adalah freemaintenance dimana kita tidak perlu melakukan pembongkaran dan pembersihan komponen turbo. Yang lebih fokus untuk diperhatikan adalah rutinitas penggantian oli mesin dan juga air radiator, mengingat kedua komponen ini nantinya juga digunakan sebagai sistem pelumasan dan pendinginan didalam sistem turbocharger.

Lalu pertanyaannya adalah jika kita abaikan perawatan oli dan radiator dan turbocharger mengalami kerusakan, apakah turbocharger bisa di servis atau diperbaiki ?. Jawaannya tentu saja bisa, biasanya kita memerlukan komponen pengganti atau yang sering disebut dengan "repair kit" yang harga per set nya juga lumayan walau hanya berupa kit. Perkiraan repair kit nya sendiri kira - kira sekitar 2 hingga 3 juta an untuk mesin turbo kecil.

Apakah efektif mesin turbo yang sudah di repair digunakan kembali ?

Kemungkinan besar dari beberapa pengalaman dilapangan sih turbo tidak akan bisa bertahan lama, berbeda dari kondisi sebelum direpair yang bisa awet berpuluh tahun. Kadang untuk mesin turbo hasil repair sih dalam hitungan semester atau tahun saja sudah mengalami rewel kembali. Hal ini sangat wajar mengingat bahan repair kit di pasaran juga berbeda - beda kan.

Itulah mengapa bengkel resmi lebih menyarankan ganti baru dibandingkan melakukan servis, meskipun harga baru bisa lebih diatas 15jt rupiah untuk 1 unit mesin turbo kecil.

Jika dihitung - hitung mengganti komponen baru walau terlihat mahal lebih ekonomis dibandingkan repair yang mungkin saja setengah tahun problem datang lagi, lagi dan lagi coba bayangkan berapa repair kit yang harus anda beli dan juga jasa pasang yang harus kalian persiapkan nantinya.

Setelah mengganti mesin turbo sebaiknya rutin ganti oli sesuai jadwal, atau lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan akan semakin baik. Begitu pula dengan sistem radiator. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: