Penyebab Dan Bahaya Oli Mesin Motor Selalu Berkurang

Advertisement
Oli mesin berkurang - mungkin banyak pengguna sepeda motor yang jarang atau bahkan tidak pernah mengecek level ketinggian oli mesin yang ada pada sepeda motornya, padahal hal ini sangat penting sebab dengan rutin mengecek ketinggian level oli mesin juga termasuk perawatan berkala yang termasuk kedalam tindakan pencegahan.

Oli mesin yang level ketinggiannya selalu berkurang biasanya terdapat kebocoran entah itu pada baut oil drain, kebocoran di bagian bak mesin, ring seher / seal klep yang aus sehingga oli akan masuk kedalam ruang bakar dan terbakar.

Penyebab Dan Bahaya Oli Mesin Motor Selalu Berkurang


Mesin motor yang sering mengalami kekurangan oli jika tidak segera ditangani dengan baik, tentu akan beresiko merusak komponen yang ada didalam mesin, mulai dari timbul suara berisik di area mesin hingga mesin motor mengalami overheat dan piston pun akan terkancing alias macet. Adapun penjelasan lebih tentang bahaya jika oli mesin selalu berkurang dan sampai kehabisan.


1. Komponen mesin cepat aus

Salah satu fungsi dari oli pelumas adalah melumasi seluruh komponen bergerak yang ada didalam mesin, oli mesin akan melapisi seluruh permukaan komponen bergerak didalam mesin yang saling bergesekan sehingga dengan berkurangnya volume oli, akan membuat beberapa bagian ini luput dari pelumasan yang akhirnya mudah aus.

Baca juga : Berbagai penyebab stang motor goyang tak stabil

2. Timbul bunyi bunyian mesin

Nah karena ada beberapa komponen yang tidak terlumasi dengan baik sehingga terjadi keausan, nah komponen komponen yang aus ini tentunya akan longgar dan menyebabkan munculnya bunyi berisik di area mesin.


3. Mesin mengalami overheat

Selain sebagai pelumasan, fungsi lain dari oli ialah sebagai pendingin komponen mesin yang saling bergesekan. Jika volume oli berkurang secara otomatis oli pun tidak dapat membantu mendinginkan mesin sepeda motor anda, hasilnya mesin motor pun bisa mengalami overheat.


4. Piston macet / terkunci

Oli mesin yang berkurang bahkan hingga habis akan menyebabkan kerusakan serius, yakni poros engkol dari piston akan macet atau terkancing. Hal ini karena poros engkol tidak mendapatkan pelumasan dengan baik sehingga mengalami pemuaian berlebih. Beberapa kasus menyebabkan blog mesin motor jadi jebol karena baut poros engkol terbakar sehingga poros engkol tadi terlepas dan menyodok bagian sisi dalam blog mesin.

Wah ternyata efeknya bisa berantai hanya gara gara oli mesin selalu kurang namun tidak diperhatikn oleh si pemiliknya ya ? Maka dari itu sebaiknya sempatkan diri untuk mengecek level ketinggian mesin motor baik itu sebelum motor digunakan maupun sesudahnya. Jika terjadi kebocoran dan oli mesin selalu kurang, sebaiknya segera lakukan perbaikan untuk mencegah hal hal diatas tidak menimpa motor kesayangan anda.

Baca juga : Lakukan hal ini jika sepeda motor anda terendam banjir



Subscribe to receive free email updates: