Cara Menghitung Pemakaian Listrik Jet Cleaner Steam Cuci Motor

Advertisement
Hitung biaya pemakaian listrik alat steam - usaha cuci motor dan cuci mobil dewasa ini semakin menjamur dimana mana, mulai dari perkotaan sampai di wilayah pelosok pedesaan pun sudah ada yang membuka jasa usaha cuci motor dan mobil seperti ini. Mulai dari cara mencuci yang sederhana sampai dengan yang paling canggih menggunakan robotik pun ada, namun pada kesempatan kali ini kami akan membahas pencucian mobil dan motor yang menggunakan alat jet cleaner atau alat steam cuci.

Setiap usaha tentu saja yang dicari adalah keuntungannya, dan untuk menentukan sebuah keuntungan sudah barang tentu kita harus mengetahui seberapa besar pengeluaran kita, untuk cuci mobil dan cuci motor ini ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan yang diantaranya adalah biaya pembelian air, biaya pembelian bahan baku sabun, biaya upah pekerja dan bagi yang menggunakan alat jet steam tentu saja ada biaya tambahan pemakaian listrik.

karcher k1 high pressure cleaner


Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa dengan menggunakan alat steam / jet cleaner ini membutuhkan pemakaian listrik yang lumayan besar, mengingat alat ini dioperasikan dengan menggunakan sebuah dinamo yang digerakkan oleh energi listrik. Nah untuk memperjelas mengenai seberapa sih banyaknya pemakaian listrik berikut ongkos yang harus dibayarkan ke PLN untuk pemakaian listrik ini ? berikut adalah rincian detail penggunaannya.

Cara menghitung biaya listrik alat steam cuci motor


Mesin karcher k1 high pressure cleaner

Spesifikasi mesin jet cleaner
Daya Listrik      :     850 Watt
Tekanan             :     90 Bar Max
Kapasitas           :     300 liter/jam
Temperatur Maks     :     40 Celcius

#Diketahui :
Daya listrik mesin jet steam = 850 watt
Proses pencucian untuk 1 unit motor kurang lebih 15 menit.
Biaya listrik per KWH untuk listrik berdaya 1300Va = Rp 1500 ( update biaya per januari 2017 )

#Perhitungan pemakaian listrik alat cuci motor

Untuk bisa menghitung pemakaian energi listrik rumusnya adalah sebagai berikut ;

Daya alat / 1000 ( KW ) x ( lama pemakaian ) x harga satuan per KWh
= 850/1000 x 0.25 jam x 1500
= Rp 318.75 rupiah

Jadi untuk biaya pemakaian energi listrik JIKA mesin jet steam tersebut digunakan mencuci motor dan berputar secara terus menerus selama 15 menit an, biaya yang dibutuhkan hanyalah sebesar 318.75 rupiah saja per unit, bahkan tidak sampai 400 rupiah.

Ini diasumsikan bahwa mesin jet steam menyala terus menerus selama 15 menit loh, padahal di lapangan kejadiannya sangat berbeda, mesin kemungkinan hanya di gunakan menyemprot motor di awal sebelum proses mencuci selama kurang lebih 3 menit an, dan untuk membilas pun mungkin hanya 7 menit an atau kurang lebih hanya sekitar 10 menit saja. Kita pakai estimasi selama 15 menit an supaya lebih enak hitung hitungnya dan untuk jaga jaga bila mesin memang digunakan selama itu untuk 1 unit motor.

Bila diasumsikan usaha cuci motor anda ramai dan dalam sehari mampu mencuci sebanyak 50 unit motor, untuk estimasi waktu lama mesin beroperasi secara estafet adalah 15 menit x 50 unit motor = 12.5 jam maka kebutuhan pemakaian listrik hari itu adalah kurang lebih hanya sekitar Rp 15.937 rupiah, atau dibulatkan hanya sebesar Rp 16.000 an saja. Lagi lagi ini untuk yang estafet, bagaimana jika cara mencucinya adalah dengan menjejer 4 motor dan disemprot secara bersamaan ? tentu akan lebih hemat dan efisien.

Ternyata penggunaan energi listrik untuk mesin jet steam sangatlah murah sekali ya ? coba anda bandingkan dengan penghasilan cuci motor yang per unit dipatok dengan tarif Rp 10.000, maka untuk 50 unit motor tadi pemasukan anda sekitar 500 ribuan, dikurangi dengan biaya listrik sebesar 16 ribuan, keuntungannya sidah jelas didepan mata sebesar Rp 484.000 rupiah.

Oh iya diatas hanya biaya pemakaian listrik saja, untuk biaya lain seperti pembelian sabun khusus cuci motor, pembelian semir ban, pembelian wax polis dan upah karyawan silahkan dihitung sendiri 😀 . Semoga bermanfaat dan selamat berusaha kawan, jangan lupa di bagikan artikel ini ya.



Subscribe to receive free email updates: