Idle Arm Isuzu Panter Oblak Diperbaiki Atau Diganti ?

Advertisement
Idle arm panther rusak - salah satu bagian understeel yang terdapat pada mobil Isuzu Panther selain kerusakan bushing strut bar, ball joint, tierod long tierod adalah rusaknya bagian idle arm yang berfungsi sebagai arm penggenggam long tierod yang letaknya ada dibagian sebelah kiri mobil.

Kerusakan yang umum terjadi pada idle arm ini ialah sudah aus nya komponen teflon yang ada didalam kontruksi idle arm tersebut. Kerusakan ini bisa terjadi akibat seringnya mobil dikendarai di jalanan yang kurang bagus, bergelombang tidak rata dan berlubang lubang.

servis idle arm panther

Lalu pertanyaannya adalah apakah idle arm yang rusak ini bisa diperbaiki ?

Untuk proses perbaikan kita juga harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah idle arm tadi rusaknya sudah parah atau belum, kerusakan parah ditandai dengan kondisinya yang sudah oblak saat roda di goyangkan kekanan dan kekiri dengan menggunakan tangan, bahkan kerusakan yang sudah amat parah ini dapat menimbulkan bunyi yang kurang enak didengar, serta mempengaruhi kestabilan berkendara.

Kerusakan yang tidak terlalu parah bisa dilakukan perbaikan dengan jalan membongkar bagian idle arm mobil, lalu mengganti teflon lama yang ada didalam idle arm dengan yang baru dan selanjutnya batang arm dilumuri dengan grease dan di rakit kembali dengan baik dan benar. Kendara yang akan anda hadapi jika akan melakukan perbaikan adalah susahnya mendapatkan sparepart berupa plastik teflon. Namun untuk kondisi idle arm yang sudah terlanjur rusak parah sebaiknya lakukan penggantian idle arm yang baru.

Berapa biaya perbaikan idle arm yang oblak ?

Untuk biaya perbaikan sendiri tentu saja jauh lebih murah dari harga sparepart yang baru. Jika harga baru dari idle arm ini di kisaran angka 400 sampai 500 ribuan, maka biaya perbaikan idle arm ini bisa antara 150 ribu hingga 200 ribu rupiah saja. Bila anda minim dana dan ingin memperbaiki sendiri bisa membaca tulisan kami yang lainnya melalui tautan dibawah sekilas perbaikan idle arm yang rusak.

Baca juga : Begini sekilas cara memperbaiki idle arm panther oblak

Kesimpulan dan saran

Komponen seperti idle arm, ball joint, tierod, long tierod merupakan komponen sekali pakai, jika mengalami kerusakan meskipun sebenarnya bisa dilakukan tindakan perbaikan, hal ini tidak akan membuat komponen tersebut dapat bertahan lama ( gampang rusak kembali ). Jika ingin hasil yang lebih baik penulis sarankan langsung ganti saja dengan yang baru. Semoga ebrmanfaat.



Subscribe to receive free email updates: