Cara Memperbaiki Idle Arm Rusak Bunyi Tek Tek

Advertisement
Cara perbaiki idle arm bunyi tuk tuk - idle arm adalah salah satu bagian dari sistem kemudi pada kendaraan roda empat konvensional yang memiliki fungsi utama sebagai pemegang tie rod panjang serta menerima gaya dorong dari gearbox yang diteruskan ke pitman arm dan tie rod panjang sehingga dapat membelokkan dora depan kendaraan ketika setir diputar.

Contoh penggunaan idl arm pada sistem kemudi konvensional saat ini masih digunakan oleh kendaraan keluaran isuzu seperti isuzu panther, panther touring, truk dan sejenisnya. Dan ketika komponen yang satu ini mulai mengalami kerusakan maka akan timbul berbagai keluhan mulai dari serit terasa banyak freeplay nya, bunyi ketika belok sampai setir menjadi berat.

Penyebab idle arm bisa rusak

Banyak sekali faktor penyebab kenapa idle arm bisa rusak yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sering melewati jalanan rusak/bergelombang dengan kecepatan tinggi.
  • Kurangnya melakukan perawatan spooring balancing.
  • Faktor usia pemakaian.
  • Menggunakan velg yang bengkok pada posisi roda depan kendaraan.


Akibat kerusakan idle arm

Salah satu akibat dari rusaknya komponen ini antara lain adalah setir menjadi berat, ketika dibelokkan timbul bunyi berisik seperti teg teg atau nguk nguk, serta jika kerusakannya sudah parah ( kocak ) akan membuat pengendalian mobil menjadi tidak sempurna.

Harga idle arm baru original

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung dari jenis mobil apa yang menggunakannya. Namun dari semuanya itu rata rata harga idle arm tidak jauh berbeda antara 400 ribu hingga 500 ribu rupiah per biji.

Berapa harga atau ongkos perbaikan idle arm

Jika kalian saat ini sedang tidak memiliki cukup dana untuk melakukan penggantian yang mungkin saja sedang ada keperluan mendesak, kalian bisa melakukan perbaikan saja dulu idle arm tersebut dengan ongkos yang lebih murah, yakni cukup dengan ongkos kerja di kisaran 100 ribu an serta penggantian part jika perlu seperti seal dan lapisan teflon tidak sampai 60 ribu sehingga total pengeluaran mungkin ada di kisaran 150 sampai 200 ribuan.

Cara memperbaiki idle arm yang bunyi / rusak

Komponen ini termasuk simple, idle arm terdiri dari 2 buah komponen utama yakni rumah idle arm/ pipa yang didalamnya terdapat sebuah plastik teflon dan seal, serta sebuah besi silinder dengan ujung dilapisi plastik teflon. Proses pengerjaannya pun tidak memerlukan waktu yang lama mungkin hanya sekitar 30 menit an dengan prosesnya kurang lebih sebagai berikut:

  1. Melepas idle arm dari kendaraan kurang lebih 10 menit.
  2. Mengepress idle arm keluar, menggosok karat, mengganti telfon bila terdapat kocak pada idle arm sekitar 10 menit.
  3. Memberikan pelumas/grease serta merakit kembali plus memasangkan idle arm kembali ke mobil sekitar 10 menit.

perbaiki idle arm
Proses perbaikan idle arm isuzu panther



Baca juga : Inilah fakta mengenai mobil yang masuk kedalam mall

Idle arm rusak bagus diganti atau diperbaiki ?

Untuk mengetahui hal ini kita juga perlu melakukan pemeriksaan seberapa parahkah kerusakan idle arm tersebut, jika oblaknya masih sedikit bisa dicoba memperbaikinya, namun jika oblaknya sudah parah sebaiknya diganti baru sebab presentase kemungkinan kembali normal sangat kecil, dan juga komponen sekali pakai seperti idle arm ini jika rusak dan diperbaiki, usia pakai tidak bertahan lama. Untuk informasi lebih rinci mengenai bagus diganti baru atau diperbaiki dulu silahkan baca artikel kami terbaru melalui tautan dibawah ini.

Baca : Idle arm rusak diperbaiki atau di ganti baru ?

Nah begitulah tadi cara melakukan perbaikan pada idle arm yang rusak baik estimasi harga beserta waktunya. Semoga bermanfaat buat anda yang saat ini sedang mencari solusi seputar idle arm rusak apakah diperbaiki atau diganti baru ?.



Subscribe to receive free email updates: