Ciri Ball Joint Mobil Rusak

Advertisement
Ciri ciri kerusakan ball joint - salah satu komponen penting yang terdapat pada bagian kaki kaki mobil yang berfungsi sebagai penghubung dan pengikat antara knuckle atau as roda dan kampak atas serta kampak bawah adalah ball joint. Dengan adanya ball joint ini memudahkan roda di gerakkan kekiri dan kekanan tanpa adanya hambatan apapun, termasuk diantaranya adalah setir berat.

Ball joint adalah komponen yang mudah sekali rusak jika kita tidak pandai dalam melakukan perawatan seperti misalnya rutin melakukan spooring balancing, memberikan pelumasan pada ball joint, serta menghindari jalanan yang bergelombang tidak rata. Karena jika kondisi ball joint tidak dirawat dan pada akhirnya rusak, maka kenyamanan berkendara menjadi terganggu, misalnya setir mobil menjadi berat, kemudian saat di belokkan timbul bunyi berdecit seperti gesekan besi dengan besi, dan yang paling merugikan adalah bisa membuat ban menjadi aus bergelombang pada tepian telapak ban.

mengecek ball joint rusak

Nah agar tidak terjadi hal yang demikian, selain rutin melakukan perawatan, kalian juga perlu sesekali melakukan pengecekan ball joint baik di tukang understeel atau bisa mencobanya sendiri dirumah. Jika terindikasi mengalami kerusakan maka secepatnya lakukan perbaikan jika bisa, atau lakukan penggantian dengan part baru bila ternyata ball joint tersebut tidak bisa diperbaiki.
Pengecekan ball joint bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah mengecek kerusakan secara visual, dan yang kedua adalah pengecekan secara teknik. Untuk mempersingkat waktu bagi anda yang ingin mengecek dengan cara kedua, silahkan anda baca tulisan kami lainnya melalui tautan dibawah ini.
Baca : Cara mengecek kerusakan ball joint sendiri

Adapun ciri ciri dari ball joint mobil yang telah mengalami kerusakan adalah sebagai berikut ini.
Timbulnya suara mendecit seperti besi bergesekan dengan besi ketika mobil belok. Timbul suara glodak glodak pada bagian depan roda kendaraan saat melewati jalanan tidak rata. Ban aus tidak merata, aus bergelombang pada ban bagian tepi dalam.
Karet penutup atau but dari ball joint tersebut sudah robek.

Nah demikian artikel mengenai ciri ball joint mobil yang mengalami kerusakan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: