Penyebab Setir Mobil Banting Kiri Saat Di Rem Dan Mengatasinya

Advertisement
Setir mobil banting kiri - mungkin ada beberapa diantara kalian para pemilik mobil yang memiliki problem mobilnya terasa banting kiri saat dilakukan pengereman sehingga hal ini membuat anda menjadi tidak nyaman, selain itu kondisi seperti ini juga sangat membahayakan terutama saat anda melakukan pengereman dan tiba tiba mobil manting kekiri dan menyenggol sepeda motor tentu akan menjadi malapetakan bagi anda dan pengguna jalan lainnya.

Lalu apa sih penyebab setir mobil mbanting kiri ketika di rem ?




Untuk kasus yang satu ini penyebabnya sudah pasti adanya masalah pada sistem pengereman mobil yang kalian miliki. Bisa jadi rem sebelah kiri mengalami macet, atau adanya gelembung udara pada saluran minyak rem yang menuju ke sistem rem sebelah kanan, sehingga saat dilakukan pengereman saluran minyak rem yang terdapat gelembung udara ini menjadi tidak pakem alias ngeblong sebelah.

Atau jika mobil anda masih menggunakan tromol pada roda depan nya seperti truk atau minibus, bisa diakibatkan karena setelah ketinggian sepatu rem yang tidak sama antara yang kiri dan yang kanan.

Cara mengatasi rem mobil mbanting kiri
Untuk mengatasi rem mobil yang mbanting ke arah kiri maupun ke arah kanan saat di rem bisa diatasi dengan menyetel ketinggian sepatu rem antara yang sebelah kiri dan kanan agar sama bagi kendaraan jenis truk atau minibus yang pada bagian roda depan nya masih menggunakan tromol.

Sedangkan untuk mobil yang sistem rem roda depan telah memakai cakram bisa melakukan bleding minyak rem guna mengeluarkan gelembung udara yang terjebak didalam saluran minyak rem. Dan juga membersihkan kampas rem dari debu atau kotoran yang menempel.
Baca juga : Penyebab rem cakram mobil macet

Periksa juga piston kaliper rem apakah ada yang macet ataukah tidak, jika diketahui macet segera lakukan OH ( overhaul ) piston agar karat yang menempel pada bagian dinding piston dan terindikasi menjadi penyebab rem macet hilang dan kinerja piston rem menjadi normal kembali. Hal ini berlaku juga untuk kendaraan yang setir nya mbanting ke kanan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: