Cara Perawatan Mobil Rental Agar Selalu Prima

Advertisement
Usaha rental sewa mobil - di kota kota besar seperti surabaya ini bisnis jasa sewa menyewa mobil alias rental mobil semakin menjamur saja, sehingga kita sebagai calon pelanggan sangat mudah mencari jasa sewa mobil yang mungkin sedang kita perlukan.

Untuk menjalankan usaha jasa rental mobil tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Paling tidak berikan perhatian yang lebih untuk unit mobil sewa yang direntalkan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara merawat mobil rental agar selalu prima.

tips merawat mobil rental

Tips merawat mobil rental agar prima


1. Rutin mengecek kondisi fisik kendaraan

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan ialah mengenai kondisi fisik dari unit mobil yang direntalkan. Hal ini sangat penting mengingat para calon konsumen lebih senang memilih unit mobil yang selain nyaman dipakai juga tampilan fisiknya terawat baik itu kondisi eksterior maupun interior mobil.

Baca juga : Tips modifikasi Xenia Avanza agar suspensi empuk

2. Rutin melakukan perawatan mesin

Selain penampilan mobil yang ciamik hal lain yang juga sangat penting untuk diperhatikan terhadap unit mobil rental adalah mengenai performa mesin mobilnya. Mobil dengan tarikan mesin yang yahut sudah pasti lebih disukai oleh para konsumen rental mobil anda. Minimal lakukan penggantian oli serta tune up mesin mobil menyeluruh secara berkala, meskipun kilometer mobil sudah tinggi dan tidak ada lagi garansi mesin anda harus tetap melakukan perawatan ini agar kondisi mesin nya selalu prima.

Karena mobil rental ini penggunaannya berbeda jauh dengan mobil pribadi maka tempo penggantian oli pun perlu dipercepat, jika biasanya menganti tiap menempuh jarak per 10.000km maka sebaiknya anda lakukan penggantian rutin di per 7500km atau 8000km. Begitupun dengan oli gardan yang biasanya diganti per 40.000km misalnya jadi per 30.000km.

3. Perhatikan kondisi ban mobil rental

Setelah penampilan OK dan kondisi mesin pun prima, tips perawatan lain untuk mobil rental agar kondisinya selalu prima adalah dengan selalu rutin merawat ban mobil seperti penggunaan tekanan udara yang sesuai sandar muatan dan juga perawatan lain seperti spooring dan balancing agar ban mobil tidak cepat mengalami kerusakan seperti keausan yang tidak merata. Lakukan penggantian ban jika ban sudah mencapai tingkat keausan dengan jalan melihat indikator keausan ban. Pastikan juga anda selalu rutin mengecek tekanan ban cadangan mobil rental setiap mobil selesai direntalkan.

4. Perhatikan kondisi lampu lampu

Selain mengecek kondisi ban, mesin dan juga ekxterior mobil salah satu hal yang paling penting lagi adalah dengan rutin menyecek fungsi dari lampu lampu mobil, jika ada lampu yang tidak berfungsi segeralah lakukan perbaikan sebab keberadaan lampu disini sangat penting untuk keselamatan berkendara terutama saat berkendara di malam hari.

5. Cek fungsi kerja starter mobil

Selanjutnya adalah mengenai gampang atau tidaknya mesin mobil dinyalakan dengan starter, jika anda rasa sudah kurang enak distarter, periksakan komponen motor starter mesin anda. Begitupun dengan kondisi baterai aki jika sudah tidak bagus segera ganti dengan yang bagus. Hal ini untuk berjaga jaga agar mobil rental anda tidak mogok saat disewa pelanggan, jika sampai hal ini terjadi bukan tidak mungkin bila pelanggan anda akan kabur akibat mobil rental kalian susah distarter.

Memang jika dipikir lagi melakukan perawatan yang sangat banyak diatas membutuhkan uang atau biaya yang tidak sedikit, namun kembali lagi penulis tekankan bahwa mobil yang direntalkan selain membutuhkan biaya perawatan ekstra banyak, penghasilan dari usaha rental mobil ini juga jauh lebih banyak dari biaya perawatannya loh.

Baca juga : Dari pada tidak terpakai lakukan hal ini agar mobil kalian menghasilkan uang

Nah dengan kita selalu rajin merawat dan memperhatikan kondisi interior, eksterior dan juga mesin mobil tentu akan membuat siapapun yang ingin menyewa mobil anda menjadi senang dan berlangganan di jasa sewa mobil milik anda.

Subscribe to receive free email updates: