Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis

Advertisement
Pengetahuan sistem rem mobil - rem adalah salah satu komponen yang paling penting pada sebuah kendaraan baik itu bermotor ataupun non motor dimana rem ini berfungsi untuk memperlambat laju kecepatan kendaraan sampai kendaraan tersebut dapat berhenti dengan sempurna. Dengan adanya rem ini kita bisa menghentikan kendaraan pada lokasi yang diinginkan tanpa harus takut kebablasan, selain itu rem ini juga sangat berfungsi sebagai penunjang utama dalam keselamatan berkendara.

Pada kesempatan kali ini kita akan khusus untuk membahas sistem pengereman yang ada pada kendaraan roda empat alias mobil, terutama untuk rem mobil bagian depan yang berupa rem cakram, dimana kampas rem atau pad brake nya lebih cepat habis / tipis ketimbang kampas rem belakang yang masih menggunakan tromol atau drum brake. Terlebih lagi jika mobil tersebut adalah mobil matic, akan sangat terasa cepat sekali habisnya. Lalu apa sih penyebab kampas rem depan kendaraan itu cepat habis dibandingkan rem belakang ?

Ini Alasan Rem Depan Mobil Lebih Cepat Habis

Baca juga : Penyebab rem mobil kurang pakem atau blong

Untuk jenis mobil baru biasanya sudah mengaplikasikan teknologi canggih dengan berbagai istilah dan nama penyebutannya, yang pada intinya adalah teknologi ini mampu memberikan perbedaan titik tekan pada tingkat tekanan fluida minyak rem antara rem bagian depan dan rem belakang, dimana penekanan rem bagian roda depan lebih dititik beratkan ketimbang penekanan pada rem bagian belakang mobil. Selain memakai teknologi khusus, perbedaan tekan pada sistem rem juga bisa dipengaruhi oleh faktor besar kecilnya piston kaliper, dipana piston kaliper rem depan bentuknya sangat besar jika dibandingkan piston rem bagian belakang.

Hal ini bukan tanpa sebab karena jika sebuah mobil memiliki tekanan pengereman yang sama antar ke empat rodanya, tentu saja yang terjadi adalah keseluruhan ban mobil tersebut akan menjadi slip dan sulit untuk dikendalikan, mobil menjadi terputar tidak karuan.

Jika penekanan lebih dikuatkan pada rem bagian belakang, maka saat mobil melaju pada kecepatan tinggi kan terjadi slip dibagian belakang yang dikenal dengan istilah oversteer dimana pengendalian juga lebih sulit. namun bila tekanan pengereman ini lebih diperkuat pada bagian depan, akan ada kemungkinan terjadinya understeer, namun masih bisa diantisipasi sebab understeer masih bisa diatasi dengan cara memainkan setir kemudi, sedangkan pada oversteer kita tidak bisa melakukan apa apa.

Bahkan untuk mobil matic, penekanan rem pada roda depan lebih diperkuat lagi, dan inilah kenapa rem mobil bagian depan khususnya mobil matic cepat sekali habis, padahal rem bagian belakang masih sangat tebal.

Baca juga : Awas terlalu lama injak rem piston rem bisa overheat

Nah semoga tulisan diatas dapat menjawab pertanyaan anda mengenai kenapa rem depan mobil lebih cepat habis dibandingkan rem bagian belakang.

Subscribe to receive free email updates: