Bahaya Membeli Motor STNK Only ( Non BPKB )
Home » , » Bahaya Membeli Motor STNK Only ( Non BPKB )

Bahaya Membeli Motor STNK Only ( Non BPKB )

Advertisement
Tips aman jual beli motor - setelah pada kesempatan sebelumnya kami mengulas mengenai arti dari motor STNK only / BPKB only, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai apa saja bahaya yang akan menimpa kita dikemudian hari bila memaksakan membeli unit motor maupun mobil yang hanya dilengkapi STNK atau BPKB saja dalam proses jual belinya tanpa disertai dokumen lain seperti faktur pembelian, buku servis, buku garansi dan lain sebagainya.



1. Anda akan dianggap sebagai penadah barang curian

Bahaya yang mengintai anda selanjutnya adalah anda akan dicurigai sebagai seorang penadah barang curian karena membeli motor yang tidak dilengkapi oleh surat surat yang lengkap. Coba bayangkan jika anda membeli motor hanya STNK saja kemudian tertangkap polisi karena motor yang kalian kendarai terdeteksi motor hasil curian, menunjukkan STNK saja ke polisi bukan jaminan yang dapat menguatkan anda bahwa andalah pemilik sah dari kendaraan tersebut. Nah siap siaplah merasakan dinginnya lantai penjara gara gara beli motor murah meriah tanpa surat yang lengkap.

Bahaya Membeli Motor STNK Only ( Non BPKB )
gambar : hanya ilustrasi


2. Menjadi korban penipuan jual beli online motor STNK / BPKB only

Bahaya pertama yang akan kalian terima nantinya ketika anda memutuskan untuk mencoba membeli motor ataupun mobil yang dijual Hanya bermodalkan STNK atau BPKB saja adalah anda akan menjadi korban penipuan. Kenapa demikian ? karena hampir semuanya rata rata penjual unit motor ataupun mobil seperti ini menjualnya secara online dan tidak mau melakukan COD ( Cash On Delivery ) alias ketemuan karena memang tujuan utamanya adalah untuk menipu calon korbannya melalui dunia maya. Biasanya banyak sekali penipu yang memanfaatkan jejaring sosial seperti FACEBOOK untuk melancarkan aksinya, mereka membuat status promo penjualan motor motor berharga miring karena hanya dilengkapi dengan STNK atau BPKB saja. Disini setelah si penjual gadungan ini mendapatkan korban, mereka akan diminta untuk menghubungi via BBM, whatshapp ataupun sms, terkadang beberapa dari mereka enggan mengangkat telepon. Selanjutnya si calon korban akan dimintai sejumlah dana sebagai tanda jadi pembelian.

Baca juga : Pengertian STNK selendangan

3. Menjadi korban penipuan terkoordinir

Mungkin ini yang jarang terjadi namun ini juga adalah kemungkinan terburuk yang akan kalian terima jika nekat membeli motor yang tidak dilengkapi oleh dokumen resmi. Biasanya penipuan semacam ini dilakukan oleh beberapa kelompok. Kelompok pertama akan mencoba menjual motor atau mobil yang hanya ada BPKB atau STNK kepada anda dengan harga yang sangat miring sekali dibawah harga pasarannya. Kemudian setelah anda tertarik dan membeli kendaraan tersebut, dalam beberapa bulan kedepan, akan ada beberapa orang lain yang menemui anda dan mengatakan bahwa salah satu dari mereka adalah pemilik sah dari mobil atau motor tersebut, dan dengan sedikit ancaman anda akan dilaporan ke polisi dan dipenjara tentu saja mau tidak mau anda harus menyerahkan kendaraan itu. Ingat yang bisa menunjukkan bahwa anda adalah pemilik sah dari unit suatu kendaraan adalah BPKB bukannya STNK, dan lengkap sudah penderitaan anda uang melayang dan mobil / motor pun terbang entah kemana.

Skenario seperti diatas sih masih lumayan anda bisa dengan santai melenggang membawa kendaraan murah keliling kampung untuk dipameran, bila ternyata anda membelinya secara online kemudian sudah transfer uang dan barang yang dijanjikan tidak datang seperti poin nomor 2 diatas gimana ?

Ternyata memang sangat berbahaya ya membeli motor yang tidak lengkap surat suratnya ? mulai dari jadi korban penipuan sampai bisa dipenjara. Maka dari itulah sebaiknya anda membeli kendaraan bekas yang sudah dilengkapi dengan surat atau dokumen yang lengkap untuk menghindari hal hal semacam ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan :). http://automotivexist.blogspot.com/

Biasanya anda akan menemukan berbagai status yang menyebutkan mereka menjual motor motor bagus dengan harga yang sangat miring sekali, misalnya saja motor Ninja 250cc yang dijual hanya dnegan harga 15 juta an, mereka mereka ini biasanya memberikan penjelasan bahwa yang dijual adalah produk Non BPKB atau hanya dilengkapi dengan STNK saja dan yang seperti inilah yang patut diwaspadai.

Untuk artikel lain yang masih berkaitan dengan STNK only atau BPKB only silahkan dibaca berikut ini :






Advertisement