Mobil Mendadak Mbrebet Dan Mogok Waspada Mesin Mobil Overheat

Advertisement
Ciri ciri mesin mobil overheat - mungkin ada beberapa dari teman atau malah anda sendiri pernah mengalami kejadian mobil yang dikendarai tiba tiba menjadi mbrebet, di gas tidak responsive dan pada akhirnya mobil menjadi mogok ? Lalu pertanda apakah ini dan apa yang harus dilakukan pertama kali saat mengalami peristiwa seperti ini ?

Terkadang orang ketika merasalah hal seperti diatas yang terlintas di benak mereka adalah mobil mogok karena AKI mobil atau alternator mobil tidak bisa mengisi AKI sehingga terjadilah mogok. Memang hal ini bisa saja menjadi penyebab utama mobil mengalami mogok, namun anda juga harus tahu bahwa mobil yang overheat juga bisa demikian.

tutup radiator

Maka tak ada salahnya bila anda juga memerika kondisi air radiator mobil apakah memang masih ada ataukah ternyata sudah habis, sebab penulis pernah melihat kejadian seperti ini dan mencoba memberikan pertolongan,namun sayang ternyata mesin mobil sudah terlanjut bengkok pada head silindernya sehingga tidak bisa lagi di starter dan harus diderek. Nah dibawah ini adalah beberapa tips yang sebaiknya anda lakukan jika suatu saat mengalami kejadian seperti ini.

Baca juga : Mau tinggalkan mobil dirumah dalam waktu lama, ini tips aman yang bisa dilakukan


#Membiarkan mesin mobil dingin terlebih dahulu

Hal ini sangat penting bilamana mobil yang mogok ini diakibatkan karena overheating kehabisan air radiator, ciri utama adalah ketika anda membuka kap mesin akan terasa panas sekali yang dikarenakan tidak adanya air yang digunakan mendinginkan mesin. Tunggu beberapa jam dan cobalah membuka tutup radiator kemudian periksa apakah ada airnya atau tidak, bila ternyata habis bisa dipastikan radiator mengalami kebocoran.

#Isi air radiator dengan air mineral setelah mesin benar benar dingin

Kesalahan yang sering kali terjadi ketika mesin mobil overheating akibat kebocoran radiator yang menyebabkan habisnya cairan pendingin ini, mereka terburu buru menambahkan air dingin kedalam radiator. Hal ini sangat tidak dianjurkan sebab mesin mobil yang terlanjur panas, kemudian tiba tiba terkena air dingin pasti akan bengkok atau molet, maka dari itu saya wanti wanti untuk menunggu mesin benar benar dingin dahulu ketika menambah atau mengisi air radiator.

Baca juga : Jangan buka tutup radiator ketika overheat dan mesin masih panas


#Nyalakan dan periksa seberapa parah kebocorannya

Bila anda tanggap dan melakukan kedua hal yang saya sebutkan diatas, kemungkinan mesin mobil di starter masih bisa menyala, silahkan nyalakan mesin mobil sembari memeriksa kolong mobil apakah kebocorannya parah ataukah tidak, bila ternyata memang parah sebaiknya gunakan jasa mobil derek saja lebih baik. Namun bila kebocoran masih halus dan air yang keluar tidak begitu deras anda bisa menjalankan mobil secara perlahan, jangan nyalakan AC dan carilah bengkel servis atau tukang radiator untuk melakukan perbaikan.

Terkadang ketidaktahuan seseorang ketika mesin mobil kehabisan air radiator dan mogok, mereka mencoba menyalakannya dengan mendorong mobil, memang terkadang mesin bisa menyala kembali, namun beberapa saat kemudian akan mati total dan harus turun mesin untuk memperbaikinya. Proses turun mesin bisa memakan waktu yang lama, minimal waktu paling cepat adalah 1 minggu dan bahkan bisa sampai berbulan bulan tergantung jenis mobil dan ketersediaan suku cadang.

Catatan
Mesin mobil yang overheat karena kehabisan air radiator berbeda dengan overheat karena kebuntuan saluran radiator. Indikator suhu panas mesin tidak akan naik ketika air radiator habis, berbeda dengan overheat akibat buntunya saluran radiator, jarum penunjuk suhu akan terlihat naik dan anda akan segera mengetahuinya.

Baca juga : Cara melakukan engine brake yang benar dan aman

Nah semoga tulisan amburadul diatas bisa membuat anda lebih memahami dan mengerti langkah apa yang harus dilakukan bilamana mengalami kejadian mobil mogok tiba tiba dijalanan. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: