Penyebab Air Aki Cepat Berkurang Dan Mengatasinya

Advertisement
Aki mobil adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi sangat fital baik sebagai tenaga motor starter untuk menyalakan mesin serta sebagai pendukung komponen elektrikal lain yang ada didalam mobil tersebut.

Kesalahan dalam melakukan perawatan aki dapat membuat komponen ini cepat mengalami kerusakan. Melakukan perawatan aki ini memang gampang gampang susah, untuk menjaga kinerja aki ini tetap maksimal anda pun perlu memperhatikan beban beban apa saja yang di tanggung si battery ini.

Jangan sampai menambahkan aksesoris seperti sound system maupun lampu lampu variasi tanpa menambahkan perangkat pendukung sebab dapat membuat aki mobil langsung sowak atau rusak. Silahkan anda pelajari lebih dalam mengenai Cara merawat aki yang baik dan benar agar tidak mudah rusak.

aki mobil
Source of picture : www.cartrapped.com

Kembali lagi ke topik mengenai penyebab kenapa air aki mobil ini menjadi lebih sering berkurang dari biasanya. Bila anda adalah pemilik mobil yang mengalami kejadian ini sehingga anda harus sering mengisi air tambah aki sebaiknya anda perlu waspada sebab kondisi air aki yang sering berkurang menandakan bahwa ada masalah pada sistem pengisian aki mobil.


Penyebab air aki sering berkurang

Penyebab utama kenapa air aki sering berkurang adalah karena terjadi over charger dari komponen alternator ke dalam aki yang menyebabkan cairan elektolit aki ini menjadi mendidih dan menguap. Nah karena air didalam aki ini mendidih dan menguap inilah yang menjadikan anda harus sering menambah dan menambah lagi air aki.

Cara mengecek overcharger alternator

Untuk mengetahui apakah alternator atau dinamo pengisian mobil anda mengalami kelebihan cas atau overcharging anda bisa mengetesnya dengan menggunakan Volmeter. Caranya cukup sederhana, silahkan anda nyalakan mobil anda, kemudian nyalakan alat volmeter pada posisinya dan tempelkan ujung ujung stick volmeter tadi pada kutub kutub aki. Jika kalian mendapati tegangan diatas 15 V berarti benar alternator anda mengalami overcharger.


Penyebab overcharger / over cas pada alterator

Biasanya overcharger ini disebabkan karena komponen penstabil tegangan di alternator ( IC regulator ) tidak mampu bekerja dengan baik atau bahasa kasarnya adalah rusak. Biasanya jika alternator ini rusak, maka lampu indikator pengisian yang ada didalam dasboard mobil akan menyala. Untuk mempelajari kerusakan alternator anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Ciri alternator mobil yang mengalami kerusakan . Anda bisa melakukan penggantian IC regulator ini di bengkel kepercayaan anda agar alternator tidak mengalami over cas.

komponen alternator
nama komponen pada alternator


Jika mengalami aki basah kehabisan cairan apa yang harus dilakukan ?

Biasanya ketidaktahuan atau ketidak pedulian pemilik mengenai masalah ini membuat air aki yang berkurang sedikit demi sedikit dan lama lama menjadi habis bahkan membuat mobil menjadi tidak bisa starter. Jangan panik, anda bisa membelikan air zuur yang berlogo merah untuk mengisi penuh sel sel baterai aki dan kemudian mengecasnya.

Baca juga artikel bermanfaat lainnya mengenai aki dibawah ini



Nah itulah tadi beberapa alasan mengenai penyebab air aki sering kurang dan bagaimana kiat kiat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat dan silahkan anda share ke teman teman anda.


Subscribe to receive free email updates: