Tehnik Berhenti Setengah Kopling Di Tanjakan

Advertisement
Macet di tanjakan - memang sering kita melihat banyaknya arus macet yang ada di jalan raya terutama di jam jam sibuk seperti pagi hari maupun sore hari yang tentu saja membuat kita merasa bosan dan jengkel. Belum lagi jika macet tersebut berada pada jalan yang menanjak seperti di jalur puncak.

Banyak sekali para pemakai kendaraan roda empat dengan transmisi manual gugup ketika terjebak macet di jalanan yang menanjak. Kegugupan ini bisa kita lihat dari kondisi mesin mobil mereka yang tiba tiba saja mati bahkan suara mesin yang meraung raung yang menandakan ketidak mampuan mereka dalam menyeimbangkan antara pedal kopling dengan pedal gas.

macet nanjak


Sebenarnya kejadian seperti diatas dapat dihindari bila anda tahu cara mengatasi macet di jalanan menanjak, yakni menyeimbangkan antara kopling dan gas. Namun tehnik bermain setengah kopling ini hanya di bolehkan jika setelah terjebak macet di jalan menanjak, kemudian langsung berjalan seperti biasa alias Stop and Go.

Cara memainkan setengah kopling ini sangatlah mudah, pertama ketika mobil anda sudah sampai di tengah tanjakan dan hendak berhenti, injaklah pedal kopling setengah di ikuti dengan menahan pedal gas. Untuk pedal gas sendiri pastikan selaras yakni tidak terlalu rendah ataupun terlalu dalam dalam menginjaknya hingga mobil berhenti.

Dan ketika anda hendak melaju kembali anda bisa melepaskan pedal kopling secara perlahan di ikuti dengan injakan pedal gas yang semakin ditekan namun anda harus melakukannya secara perlahan lahan dan gerakan antara membuka kopling dan menginjak gas ini haruslah seimbang sehingga mobil akan berjalan kembali.

Baca juga : Fungsi dan komponen kopling mobil yang harus anda ketahui

Untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan anda bisa menggunakan tuas rem parkir untuk membantu menahan mobil agar tidak mundur. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: