Waspada Penyebab Suhu Mesin Cepat Panas

Advertisement
Temperatur mobil cepat panas - sadar atau tidak temperatur mobil yang cepat sekali naik suhunya atau temperaturnya bisa mengakibatkan kejadian fatal terhadap mobil anda, utamanya adalah mogok akibat overheating.

Ketika mesin mobil terjadi overheating maka kepala silinder mesin akan melengkung akibat naiknya suhu mesin dan mengalami kebocoran. Dan dari sinilah awal mula petaka akan terjadi, karena untuk memperbaikinya membutuhkan biaya yang tidak murah, bahkan bisa mencapai diatas 8 juta rupiah bila harus melakukan penggantian cylinder head mesin mobil.

sistem pendingin mobil


Lalu apa sih gerangan penyebab cepatnya temperatur mesin mobil menjadi panas ?. yuk kita simak ulasan berikut :

1.Rusak atau tidak bekerjanya kipas radiator

Ketika mesin sudah memasuki temperatur kerja maka secara otomatis kipas radiator ini akan menyala dan dan  berputar mendinginkan kisi kisi radiator mesin sementara termostat terbuka dan mengalirkan air panas dari ruang mesin menuju radiator. Bila ternyata kipas radiator ini mati, maka secara otomatis air tersebut tidak didinginkan dan kembali lagi memasuki ruang mesin dan mengakibatkan panas berlebih didalam mesin yang biasa disebut dengan overheating.

2.Air radiator tidak bersirkulasi dengan benar

Sirkulasi dari air radiator ini diatur oleh beberapa komponen yang diantaranya termostat dan juga waterpump. Ketika suhu mesin sudah memasuki suhu kerja maka air dari dalam mesin akan dipompa menuju kisi kisi pendingin radiator dengan menggunakan waterpump yang tenaga putarnya diperoleh dari pengaitan V belt. Bila sampai V belt putus,termostat macet atau waterpump ini mengalami kerusakan maka proses distribusi air panas tersebut akan terganggu dan lambat laun akan menyebabkan overheating.

3.Adanya kebocoran pada sistem pendinginan

Salah satu penyebab mesin dapat mengalami overheating adalah habisnya cairan pendingin atau coolant didalam ruang selimut mesin. Hal ini dapat diakibatkan adanya kebocoran didalam sistem pendinginan itu sendiri yang meliputi bocornya radiator, selang radiator, selang bypass radiator, selang tersumbat oleh karat dan bocornya gasket cylinder.

4.Menggunakan air biasa untuk isi radiator

Menggunakan air biasa termasuk air mineral tidak dianjurkan untuk digunakan mengisi air radiator sebab air biasa bila terkontaminasi dengan dinding mesin dapat menimbulkan karat. Dan karat karat inilah yang dikhawatirkan akan menyumbat aliran air pendingin didalam mesin dan akibatnya sirkulasi air menjadi terhambat, hasilnya adalah naiknya suhu mesin mobil.

#Apa yang terjadi bila suhu mesin naik panasnya ?

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwa mesin yang naik panasnya akan dapat menyebabkan kepala siliner menjadi bengkok dan bocornya air radiator keluar area mesin. Kemudian mesin akan mencadi macet atau terkancing dan juga terjadi kecacatan didalam mesin yang bila dihitung hitung biaya perbaikannya masya allah super sekali.

#Tips


  • Selalu lihat indikator visual didalam dasboard mobil, hentikan segera ketika indikator suhu menunjukkan bar merah.
  • Selalu perhatikan air radiator jangan sampai kurang.
  • Perhatikan selang selang radiator agar tidak terlipat, tersumbat, melengkung dan sebagainya
  • Jangan gunakan air biasa untuk mengisi radiator karena dapat menimbulkan karat yang sewaktu waktu bisa menyumbat aliran air.



Baca juga : Harga Yamaha MT 10 Di Indonesia

Nah maka dari itu sebaiknya sering seringlah melakukan pengecekan terhadap sistem pendinginan pada kendaraan kesayangan anda. Bila tidak bisa melakukannya sendiri anda dapat menyerahkan kepada pihak bengkel servis langganan.


Subscribe to receive free email updates: