Inilah Penyebab Mesin Mobil Menggelitik

Advertisement
Mesin mobil anda menggelitik alias mengalami engine knocking ? ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya sehingga mobil kalian menjadi bersuara aneh dan mengganggu telinga.

Ciri ciri mobil yang mengalami engine knocking adalah timbulnya bunyi menggelitik didalam mesin mobil yang biasanya disertai dengan mesin yang bergetar. Hal ini dapat terjadi karena adanya proses pembakaran yang tidak sempurna didalam sistem pembakaran mobil itu sendiri.

engine knocking
engine knocking ilustration

Penyebab terjadinya engine knocking

Biasanya engine knocking ini terjadi akibat adanya sisa sisa pembakaran berupa kerak didalam ruang bakar yang masih terbakar, sehingga setelah proses pembakaran selesai masih terdapat bara api didalam ruang bakar yang menyulut pengapian lanjutan, padahal proses pengapian seharusnya sudah selesai.

Penyebab timbulnya kerak didalam ruang bakar itu sendiri juga sangat erat kaitannya dengan bahan bakar yang digunakan terlalu kotor sehingga ketika proses pembakaran, kotoran yang terdapat didalam bensin tersebut tidak ikut terbakar, hanya mengendap menjadi kerak yang semakin lama akan semakin bertambah banyak.

Nah, oleh sebab itu perhatikanlah dalam melakukan pengisian bahan bakar mobil atau motor kesayangan anda. usahakan mengisi bensin pada pagi hari karena suhu bensin yang ada didalam penyimpanan SPBU masih rendah, dan juga jangan sekali kali mengisi bensin di SPBU yang baru melakukan pengisian ulang pada tangki penyimpanan bawah tanahnya karena sudah dipastikan endapan kotoran didalam ruang penyimpanan tersebut teraduk aduk pasca di isi ulang.

Baca juga : Hal sepele ini ternyata dapat berakibat fatal

Lalu bagaimana cara mengatasinya bila sudah terjadi knocking ?

Adapun cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan knocking didalam engine adalah dengan melakukan OH engine atau biasa disebut turun setengah mesin, disana nanti akan dilakukan pembersihan area mesin serta dilakukan pengukuran ulang.

Atau dengan jalan membeli sebuah cairan yang di sebut Engine Flush, cara kerja cairan ini adalah dengan memasukkannya kedalam ruang bakar melalui lubang busi, kemudian didiamkan kurang lebih selama 15 menit agar kerak yang ada didalam ruang bakar terangkat. Selanjutnya cairan tersebut dihisap keluar menggunakan alat hisap dan mesin siap untuk dinyalakan kembali.


Subscribe to receive free email updates: