Efek Negatif Menggunakan Oli Mobil Pada Motor

Advertisement
Mengganti oli - Kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh orang orang adalah dengan menggunakan oli mobil untuk dijadikan pelumas kendaraan roda dua mereka.

Banyak sekali kasus orang yang melakukan servis mobil secara berkala dan melakukan penggantian oli, kemudian terdapat oli sisa yang kemudian diminta untuk dibawa pulang dan di isikan ke sepeda motor.
motor di isi oli mobil
ilustrasi ganti oli via ww.pricearea.com

Hal ini sangatlah tidak dibenarkan walaupun toh hasilnya tetap bisa digunakan. Ingin tahu kenapa sebabnya oli mobil ini tidak cocok di isikan ke kendaraan roda dua dengan alasan dibawah ini.



Pada sistem pelumasan mobil, yang dilumasi hanyalah mesin saja, sedangkan kopling tidak ikut dilumasi, sedangkan pada kendaraan bermotor roda dua didalam ruang mesin tersebut terdapat kopling basah dimana bahan pelumas nya harus ditambahi zat aditif berupa anti slip.

Nah, bila kalian paksakan memasukkan oli mesin mobil kedalam motor sudah dapat dipastikan performa kendaraan kalian akan terganggu seperti sering slip ( sangat berbahaya ), dan juga menjadikan motor lebih boros bahan bakar ( karena sering slip tadi ), dan juga kopling motor akan cepat mengalami kerusakan secara perlahan tapi pasti.

Baca juga : Lampu kabut mobil meleleh ? ketahuilah sebabnya

Nah, sudah tahukan kenapa kalian tidak dianjurkan menggunakan oli mesin mobil untuk digunakan ke motor?


Subscribe to receive free email updates: