Mau Beli Kendaraan Bekas? Berikut Tips Langkah Sebelum Membeli Kendaraan Bekas

Advertisement
Tips Beli Mobil Kendaraan Bekas - Banyak hal yang harus kita perhatikan sebelum benar benar membeli kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Bila kendaraan tersebut adalah kendaraan baru yang dibeli langsung dari dealer,tentu kita tidak perlu repot repot untuk melakukan pengecekan ini dan itu. Lha terus bagaimana bila yang hendak njenengan beli adalah mobil atau motor bekas?.

tips motor bekas
this picture from www.arexaz.com
Di pasaran saat ini sangat banyak sekali kendaraan bekas yang memiliki kondisi fisik hampir seperti baru. Namun kebanyakan para calon pembeli hanya memperhatikan tampilan yang mulus serta kilometer yang rendah saja,padahal kedua hal tersebut sangat mudah sekali di akali.

Nah,bagi anda yang ingin membeli kendaraan bekas,berikut ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan akar di kemudian hari tidak menyesal .



Tips membeli kendaraan second


Cek kondisi fisik kendaraan

Pertama kali anda akan membeli kendaraan bekas alangkah baiknya dilakukan pengecekan secara fisik terlebih dahulu,apakah ada sesuatu yang cacat yang mungkin anda tidak mau menerimanya. Namun bila anda terima dengan kondisi semisal baret dan sebagainya silahkan dilanjutkan. Pastikan juga simpan copy dari deskripsi kondisi kendaraan saat kendaraan tersebut dijual kepada anda.

Cek riwayat kendaraan

Ini adalah poin yang sangat penting yang tidak boleh njenengan abaikan. Sebelum membeli kendaraan bekas,silahkan lakukan crossceck ke pihak kepolisian apakah kendaraan yang hendak dibeli terindikasi hasil tindak kejahatan ataukah bukan. Sertakan data kendaraan seperti plat nomor,nomor rangka dan nomor mesin dan lain sebagainya.

Cek atau Test drive

Setelah lolos dari dua point diatas,langkah selanjutnya adalah lakukan tes drive terlebih dahulu di jalan raya. Rasakan apakah ada keanehan atau kelainan yang ada pada kendaraan yang hendak sampeyan beli atau tidak. Bila ada sesuatu ang dirasa kurang enak,kurang nyaman dan aneh lebih baik tinggalkan saja dan mencari unit lain.

Cek riwayat riwayat servis rutin

Lakukan pengecekan riwayat servis rutin ke bengkel resmi kendaraan yang akan anda beli. Pastikan tidak ada servis yag terlewatkan. Untuk melihatnya cukup minta buku servis unit tersebut dan silahkan di cek.

Nah,dengan lebih jeli dalam membeli kendaraan bekas atau second ini akan menjauhkan kita dari yang namanya apes. Siapa tahu kendaraan tersebuh adalah hasil curian,atau siapa tahu setelah membeli ternyata banyak bagian bagian yang rusak dan perlu diganti sehingga menambah pengeluaran gona meng ongkos i biaya perbaikan.

Subscribe to receive free email updates: