Coil ignition mobil fungsi dan cek kerusakan

Advertisement
Coil Ignition adalah salah satu komponen yang termasuk ke dalam sistem pengapian mobil yang memiliki fungsi utama untuk mengubah tegangan listrik DC aki menjadi tegangan AC dengan tegangan yang semula hanya 12 volt menjadi berlipat ganda hingga ribuan volt yang kemudian dialirkan ke busi sehingga menghasilkan percikan api konstan yang nantinya digunakan sebagai pemantik dalam proses pembakaran didalam silinder.
Secara gampangnya bisa dipersingkat sebagai pelipat ganda tegangan searah menjadi tegangan bolak balik yang lebih tinggi.

Gejala Kerusakan Coil Ignition
Bila bagian ini mengalami kerusakan gejala yang umum adalah mesin menjadi pincang / getar akibat salah satu atau beberapa komponen coil ignition tidak dapat menyalurkan arus listrik sehingga pada posisi cilinder tertentu tidak terjadi pembakaran.


coil ignition
ignition coil


Pemeriksaan Ignition Coil

Untuk mengetahui apakah penyebab pincangnya mobil adalah coil ignitionnya cara memeriksanga adalah sebagai berikut.

  • Lepas semua baut pengikat coil ignition.
  • Starter mobil dan biarkan mobil menyala.
  • Dalam keadaan mobil menyala silahkan anda cabut coil satu persatu dan rasakan apakah ada perubahan dari pincangnya mobil tersebut. Semakin bertambah pincang / semakin keras getaran mesin ataulah tetap.
  • Bila anda telah mencabut coil tetapi mesin malah semakin kencang pincangnya menandakan coil tersebut masih bagus. Karena semakin bertambah pincangnya mesin tersebut karena dari yang semula satu coil tidak dapat melakukan pembakaran,setelah anda cabut menjadi dua yang tidak melakukan pembakaran.
  • Bila anda mendapati ketika coil ignition anda cabut namun pincang mesin tersebut tetap dalam artian tidak berubah dari posisi semula,maka dapat dipastikan bahwa coil tersebut yang bermasalah ( coil mati ).


Silahkan anda lakukan penggantian dengan suku cadang asli dengan mendatangi bengkel resmi terdekat di kota anda.

Note***
Jangan pernah melakukan penggantian dengan suku cadang bukan original karena mudah sekali rusak. Coil ignition bawaan ( asli ) memiliki usia pakai yang sangat lama. Bahkan 5 hingga 10 tahun belum tentu rusak bila dirawat dengan baik.




Subscribe to receive free email updates: