Cara Merawat Radiator Mobil

Advertisement
Air Radiator atau yang sering disebut dengan coolant adalah cairan khusus yang dibuat dan digunakan untuk menjaga suhu mesin agar tdak terlalu panas sehingga mesin tidak mengalami overheating. Jangan salah dalam memberikan cairan air radiator pada mobil anda dengan sembarangan air.

Gunakanlah cairan coolant yang direkomendasikan oleh bengkel resmi tempat anda membeli mobil atau bisa juga dengan menggunakan merk lain yang penting air radiator tersebut berupa cairan kimia khusus yang memang di khususkan untuk pengisian air radiator.

cara merawat air radiator

Biasanya coolant sendiri memiliki warna yang khas seperti pada mobil toyota dengan warna coolant berwarna merah muda,atau di mobil nissan yang memiliki cairan pendingin radiator berwarna biru. Coolant dibuat dari bahan khusus yang memiliki fungsi mendinginkan panas mesin yang lebih baik dengan beberapa kelebihan lain misal cairan radiator ini tidak akan MEMBEKU pada suhu minus sekalipun.

Beberapa dari anda mungkin ada yang tidak pernah memperhatikan air radiatornya sehingga kehabisan dan overheating,lalu biasanya hanya mencari air seadanya dan langsung mengisinya dengan air tersebut. Cara tersebut adalah salah besar karena air biasa / mineral dapat menyebabkan karat didalam saluran pipa pendingin radiator yang ada didalam mesin,lama kelamaan lubang pendingin akan tersumbat dan malah akan memperparah kerusakan mobil anda.

Mesin yang kehabisan air radiator akan terjadi overheating dan bila anda paksa untuk tetap anda jalankan maka head silinder akan bengkok dan sisa air radiator akan bercampur dengan oli didalam mesin.

Tips***
Bila anda mengalami kejadian habis air radiator di jalan sebaiknya langsung parkirkan mobil dan segera mencari penjual air radiator,bila tidak ada bisa anda isi dengan air mineral AQUA dan setelah di isi langsung bawa mobil ke bengkel resmi terdekat guna mengganti dengan air radiator asli.

Baca juga : Tips cara mengganti air radiator mobil

Kata kunci artikel

  • Air radiator mobil
  • Cara merawat radiator
  • Bahaya kehabisan air radiator
  • Terjadinya overheating karena radiator
  • Penyebab overheating mobil
  • Penyebab panas mesin naik




Subscribe to receive free email updates: