Cara Mengganti Ban Paling Aman

Advertisement
Tidak selamanya ban mobil yang kita kendarai dalam kedaan bagus,beberapa kasus yang sering dialami adalah kempisnya ban entah karena tertusuk paku atau lubang bekas tambalan yang kembali terbuka mungkin pernah pembaca alami. Dan tidak sedikit pemilik mobil yang merasa canggung dan tidak bisa mengganti ban mereka yang kempis di jalanan mungkin memang grogi ataupun tidak memiliki pengetahuan tentang hal ini.

Beberapa orang yang tahu cara mengganti ban pun terkadang juga melupakan point - point penting mengenai keselamatan seperti mengganti ban secara sembarangan dan terburu - buru. Untuk itu admin akan mencoba memberikan tutorial tata cara melakukan penggantian ban paling aman yang dapat anda coba.

  • Bila anda mengetahui ban mobil and kempis segeralah mencari tempat parkir untuk melakukan penggantian ban,jangan pernah memarkirkan kendaraan tepat di tikungan jalan karena dapat menyebabkan kecelakaan.
  • Tarik rem parkir kemudian nyalakan lampu hazzard sebagai pertanda bagi pengendara lain. Jangan lupa juga memasang segitiga pengaman minimal 10 hingga 15 meter dari posisi mobil anda.
  • Persiapkan kunci - kunci yang dibutuhkan seperti kunci roda serta dongkrak berikut pengungkitnya.
  • Setelah alat sudah siap,kendurkan semua mur roda untuk mempermudah pembongkaran. Lepas juga ban serep dari dudukannya dan persiapkan di dekat anda.
  • Bila mur sudah longgar silahkan anda dongkrak sampai ban terangkat sepenuhnya dan mulailah membongkar ban yang kempis kemudian menggantinya dengan ban serep tadi.
  • Setelah ban sudah terpasang silahkan anda keraskan mur roda,turunkan dongkrak dan kemudian anda keraskan mur rodanya. Untuk mengeraskan cukup gunakan satu tangan dengan hentakan maksimal Bila anda masih belum yakin anda bisa menggunakan kedua tangan anda untuk menghentak.
  • Setelah semua selesai silahkan pasang ban yang kempis ke gantungan ban serep dan silahkan anda bereskan semua peralatan ( jangan ditinggal ya ).
  • Andapun dapat melanjutkan perjalanan,bila anda masih ada waktu silahkan anda mampir ke bengkel terdekat guna menambal ban yang kempis tadi.
Source : http://www.ontherealny.com/
Nah mudah bukan untuk mengganti ban mobil yang kempis dengan ban serep?. :-)


Subscribe to receive free email updates: