Penyebab Velg Mobil Cepat Rusak

Advertisement
Penyebab velg mobil rusak - setiap bagian pada sebuah kendaraan pasti akan mengalami kerusakan, kerusakan ini bisa terjadi karena masalah teknis maupun kelalaian si pemilik kendaraan. Bila sebuah kerusakan tak lagi bisa di perbaiki maka satu satunya jalan adalah dengan melakukan penggantian bagian yang rusak tadi dengan yang baru.

Dari sekian banyak kemungkinan kerusakan yang terjadi pada mobil, velg adalah bagian yang paling rawan mengalami kerusakan. Kerusakan yang biasa terjadi pada velg mobil ini mulai dari velg peyang, velg retak hingga yang paling parah velg bisa pecah.

Penyebab Velg Mobil Cepat Rusak


Velg mobil yang rusak tentu saja akan mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara, mulai setir mobil yang terasa bergetar dan membuat capek di tangan, body mobil juga akan terasa goyang sehingga membuat kita menjadi kurang nyaman saat mengemudikan mobil.

Banyak sekali penyebab kenapa velg mobil ini cepat rusak, beberapa diantaraya adalah sebagai berikut :

1. Sering melewati jalanan rusak

Seperti yang kita ketahui semua bahwa kondisi aspal jalanan di indonesia ini tidak semuanya mulus, bahkan masih banyak pula jalanan yang sama sekali belum diaspal dan hanya mengandalkan susunan batu yang ditata sedemikian rupa dimana orang awam menyebutnya "jalan makadam". Kendaraan yang sering digunakan melewati jalanan yang rusak dan dengan kecepatan yang tinggi pasti akan beresiko terhadap kaki kaki mobil, utamanya adalah ban dan velg. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menurunkan kecepatan bila menemui jalanan yang seperti ini.

2. Penggunaan ban yang kurang sesuai velg

tiap jenis velg kendaraan memiliki karakter yang berbeda beda sehingga perlu menggunakan profil ban yang sesuai. Menggunakan ban dengan profil yang tak sesuai dengan karakter velg, selain bisa mengurangi kenyamanan juga rawan terhadap kerusakan velg dan beresiko terhadap keselamatan selama berkendara. Sangat disarankan untuk menggunakan ban sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan, kalian bisa melakukan konsultasi ke bengkel untuk hal ini.

Baca juga : Tips aman modifikasi velg mobil

3. Tekanan angin yang tidak sesuai

Penyebab kerusakan pada velg selanjutnya adalah mengenai tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Mengisi angin ban yang baik tentunya harus mengikuti anjuran dari pabrikan, kalian bisa melihat petunjuk tekanan angin yang direkomendasikan oleh pabrikan melalui stiker yang tertempel di bagian pintu mobil sebelah kanan depan.

Terlalu keras tekanan ban bisa menyebabkan ban menjadi benjol saat berbenturan dengn lubang di jalanan, sedangkan tekanan angin yang terlalu rendah bisa menyebabkan velg langsung menghantam bibir lubang di jalan.

4. Material velg yang kurang bagus

Bila kalian memutuskan untuk mengganti velg standar mobil dengan velg variasi / aftermarket, sebaiknya gunakan velg yang terbuat dari bahan berkualitas bagus. Sebab dipasaran saat ini banyak sekali beredar velg replika yang kualitasnya kurang bagus dan rawan sekali rusak seperti velg peyang, bengkok bahkan sampai pecah.

5. Gaya berkendara yang ugal ugalan

Dari sekian poin diatas, gaya berkendara adalah poin paling penting yang dapat mempengaruhi cepat lambatnya velg mobil mengalami kerusakan. Jadi usahakan jangan suka ngebut di jalan raya, apalagi di jalanan yang penuh dengan lubang jika tidak ingin velg mobil kalian cepat rusak.

Baca menarik lainnya : Waspada resiko menggunakan velg mobil replika

Nah semoga sedikit informasi diatas dapat bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: