Fungsi Extra Fan Pada Mobil

Advertisement
Fungsi extra fan - didalam sebuah sistem pendinginan AC mobil, terdapat satu alat tambahan yang memiliki fungsi untuk membantu proses pendinginan freon didalam kondensor AC, Alat terebut bernama etra fan atau dalam bahasa indonesia nya adalah kipas tambahan.

Extra fan ini berupa kipas yang digerakkan oleh dinamo atau motor listrik dengan sumber tenaga yang berasal dari tenaga listrik. Extra fan ini biasanya bekerja berdasarkan ON - Off dari kompressor Ac mobil, maupun berdasarkan temperatur yang ada pada sistem radiator mobil yang diatur melalui sensor sensor yang terpasang.

extra fan mobil


Manfaat dari extra fan

Dengan adanya extra fan ini, maka proses pendinginan didalam sistem AC mobil dapat lebih dimaksimalkan, freon cari bertekanan tinggi yang didinginkan didalam kondensor akan lebih cepat dingin, sehingga nantinya hawa dari AC mobil pun lebih sejuk dibandingkan mobil yang tidak menggunakan extra fan pada umunya.

Baca juga : Fungsi dari kondensor di AC mobil

Ciri mobil yang menggunakan extra fan

Guna mengetahui apakah mobil yang kalian miliki menggunakan extra fan atau kah tidak, kalian bisa mencoba mengintip kedalam ruang mesin mobil dan perhatikan berapa jumlah kipas yang ada disana ( 1 atau 2 kipas ). Jika hanya terdapat sebuah kipas pendinginan yang langsung tersambung ke poros mesin, berarti hal ini menandakan mobil kalian tidak memiliki extra fan.


Lalu jika mobil tersebut secara default tidak memiliki extra fan, apakah bisa dipasangi extra fan ? jawabnya bisa, yakni dengan memasangkan extra fan variasi maupun original bawaan mobil lain yang sesuai dan tidak menganggu kinerja mobil itu sendiri nantinya.

Nah sampai disini semoga penjelasan mengenai fungsi dari extra fan pada mobil diatas dapat bermanfaat, jangan lupa untuk bantu share artikel ini agar bisa lebih berguna untuk semuanya ya :), salam otomotif.


Subscribe to receive free email updates: