Mengenal Fungsi Kondensor AC Mobil

Advertisement
Fungsi kondensor AC mobil - pada sebuah sistem pendinginan ruang kabin mobil terdapat berbagai macam komponen, mulai dari kompressor AC, kondensor, drier hingga evaporator AC. Dengan tahapan sirkulasi gas freon melalui komponen komponen tersebutlah dapat tercipta udara dingin yang menyejukkan ruang kabin mobil anda.

Dari berbagai macam komponen yang kami sebutkan diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai fungsi dari salah satu komponen yang ada pada sistem pendinginan AC mobil, yakni komponen yang bernama kondensor, untuk lebih jelas mengenai apa itu kondensor AC silahkan lihat gambarnya dibawah ini.

fungsi kondensor ac


Fungsi kondensor AC mobil

Kondensor pada AC mobil ini memiliki peranan yang amat penting, yakni untuk menurunkan suhu gas freon bertekanan tinggi yang telah di kompresikan oleh kompressor AC mobil, sehingga berubah menjadi freon cair bertekanan tinggi. Mula - mula gas freon bersuhu panas dan bertekanan tinggi ini akan dialirkan kedalam saluran kondensor untuk dibuang panas nya dengan bantuan hembusan udara dari depan mobil saat mobil melaju, dan dibantu oleh kipas ketika mobil dalam keadaan berhenti. Karena fungsinya ini banyak yang menyebut kondensor AC mobil ini adalah heat exchanger, atau orang awam bilang kondensor adalah radiator nya AC mobil.

Baca juga : Pengetahuan sistem AC mobil beserta fungsinya

Kerusakan kondensor AC mobil

Kerusakan yang terjadi pada kondensor AC mobil ini disebabkan oleh berbagai faktor, yang pertama adalah kebuntuan pada saluran kisi kisi kondensor, maupun kebocoran baik akibat kisi kisi kondensor terkena benda asing maupun karena faktor usia.

Perawatan kondensor AC mobil

Untuk merawat komponen sistem AC mobil yang satu ini sebenarnya sangat sederhana, yakni dengan selalu memperhatikan kebersihan bagian kisi kisi nya, serta rutin melakukan flushing freon AC secara berkala dengan menggunakan freon berkualitas dengan tingkat kemurnian yang tinggi. Selain itu perhatikan juga kinerja kipas AC atau extra fan.

Baca juga : Fungsi evaporator AC mobil

Nah sampai disini semoga anda memahami fungsi dari kondensor AC mobil, semoga bermanfaat dan salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: