Home » , » Pengetahuan Sistem AC Mobil Komponen Dan Fungsinya

Pengetahuan Sistem AC Mobil Komponen Dan Fungsinya

Advertisement
Pengetahuan dasar sistem AC - dalam edisi kali ini kami akan mencoba untuk membuatkan rangkuman mengenai ilmu dasar dari sistem AC pada kendaraan roda empat. Bagi anda yang kebetulan mencari artikel mengenai sistem pendingin kabin mobil ini semoga apa yang dicari ada disini.

Dalam sebuah sistem pendinginan mobil ini dibagi kedalam dua buah bagian inti yang diantaranya adalah komponen elektrikal dan juga komponen mekanikal. Untuk pengertian dari masing masing komponen adalah sebagai berikut ini.

AC wiring diagram


1. Komponen mekanikal AC

Komponen mekanikal adalah seluruh komponen bergerak yang terdapat didalam sistem AC. dan diantara komponen yang termasuk kedalam bagian mekanikal ini antara lain adalah evaporator dan blower AC, filter drier, kompressor AC dan juga kondensor AC. Untuk gambar detailnya silahkan lihat dibawah ini.

Nama dan fungsi komponen mekanikal AC mobil


Kompressor AC

 compressor


Fungsi dari komponen ini adalah untuk menghisap gas freon dari dalam evaporator yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dan kemudian dimampatkan menjadi berbentuk cair yang bertekanan dan bertemperatur tinggi.


Kondensor AC

Kondensor AC


Fungsi dari kondensor AC ini adalah untuk melepaskan suhu panas dari hasil memampatkan gas freon yang menjadi tinggi karena tekanan dari kompresor yang mengubah freon dari gas menjadi cair.  Letak dari kondenser AC ini berada pada bagian depan air radiator.

Filter Drier


Filter Drier


Fungsi dari alat ini adalah sebagai tempat penampungan sementara freon cair sebelum disalurkan kedalam evaporator. Disebut sebagai drier karena dalam komponen ini terdiri dari dua buah bagian utama yakni filter kasa dan juga silica gel. Filter drier ini memiliki dua fungsi utama yang diantaranya adalah untuk menyaring partikel partikel halus yang ada didalam sistem serta menyerap kandungan dari uap air yang ada dalam freon.


High - Low ( Pressure Switch )


Pressure Switch


Fungsi dari high pressure switch ini adalah untuk memproteksi komponen AC mobil ketika adanya tekanan yang melebihi batasan maksimal ( biasanya diatas 450 psi ) yang cara kerjanya adalah dengan menghentikan aliran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor ini akan berhenti bekerja. Beberapa penyebab kenapa terjadi tekanan yang tinggi ini antara lain adalah : Matinya fan motor AC Terlalu penuhnya Freon didalam kompressor Adanya komponen yang tersumbat didalam sistem AC mobil.
Sedangkan low pressure switch ini memberikan proteksi terhadap kerusakan kompressor akibat kosongnya gas freon yang mungkin disebabkan oleh kebocoran tekanan. Switch ini akan secara otomatis memutuskan aliran listrik yang menuju kedalam kompressor sehingga kompressor akan mati.


Expansi valve


expansion valve


Fungsi dari komponen ini adalah untuk memberikan pengkabutan freon kedalam evaporator sehingga mudah menguap dan hawa dingin akan terserap kedalam kisi kisi evaporator AC. Dan kemudian hawa dingin yang terperangkap didalam kisi kisi evap ini akan dihembuskan oleh sebuah blower yang akan menyebar ke seluruh kabin mobil. Fungsi lain dari expansi valve ini juga memberikan pengaturan terhadap jumlah freon yang akan dialirkan kedalam evaporatorsesuai dengan yang diperlukan.

Selang dan pipa pipa

Fungsi dari komponen ini hanyalah sebagai penghubung freon keseluruh komponen AC. Pipa ini terbuat dari bahan aluminium dan juga karet khusus tahan terhadap bahan kimia dan tahan terhadap tekanan tinggi.


Evaporator AC


Evaporator AC


Bagian terakhir dari proses kerja sistem AC adalah evaporator, komponen ini memiliki fungsi untuk menyerap hawa dingin dari seluruh proses yang kemudian akan di hembuskan oleh sebuah blower sehingga hawa dingin tersebut menyebar keseluruh kabin mobil.

2. Komponen elektrikal AC

Adalah komponen yang ada pada sistem pendinginan AC mobil yang membutuhkan energi listrik untuk dapat bekerja. Adapun komponen elektrikal AC diantaranya adalah :

  • Magnetic clucth
  • switch indax atau saklar speed
  • Motor fan dan relay
  • Termostat /termistor
  • Motor blower
  • wenstand
  • Amplifier ac

Baca juga : Pengetahuan sistem suspensi pada mobil

Nah bagaimana apakah anda sudah mengetahui beberapa komponen yang ada didalam sistem AC beserta fungsinya ?. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Advertisement

Advertisement