Cara Sederhana Tapi Ampuh Merawat Suspensi Mobil

Advertisement
Tips cara merawat suspensi - salah satu komponen yang pastinya ada di dalam sebuah kendaraan yang mampu membuat si penumpangnya merasa nyaman selama berkendara adalah suspensi mobil. Tanpa komponen yang satu ini tentu saja getaran yang diterima oleh mobil sewaktu melaju dijalanan akan langsung terasa ke tubuh kita sehingga rasa nyaman dalam berkendara pun tidak akan anda dapatkan.

Cara Sederhana Tapi Ampuh Merawat Suspensi Mobil


Nah saking pentingnya komponen yang satu ini, anda pun wajib melakukan perawatan agar nantinya suspensi mobil tidak gampang rusak, kalau rusak pastinya anda sendiri bukan yang akan merasakan akibatnya ?. Merawat suspensi mobil ini sebenarnya sangat sederhana, namun tak banyak orang yang tahu, atau sudah tahu tapi lupa untuk menerapkannya sehingga kerusakan suspensi mobil akan lebih sering terjadi.

Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara merawat suspensi mobil yang sangat sederhana ini, atau anda yang lupa bisa disimak beberapa cara mudah dalam merawat suspensi mobil dibawah ini.

Tidak mengangkut beban berlebih

Cara paling sederhana pertama adalah jangan sekali kali memaksakan mobil anda untuk dipakai mengangkut beban yang melebihi kapasitas maksimalnya. Tiap jenis kendaraan memiliki tonase atau daya angkut maksimalnya masing masing, jika anda memaksakan mobil untuk mengangkut muatan yang terlampau banyak, maka sudah bisa dipastikan selain suspensi gampang sekali bocor, juga akan sangat berbahaya, mobil bisa oleng atau terbalik gara gara ngeyel mengangkut barang terlalu banyak.

Atur tekanan udara ban sesuai kebutuhan

Selanjutnya agar suspensi mobil anda menjadi lebih awet, selain memperhatikan seberapa berat muatan yang kita bawa, pastikan juga anda mengatur atau menyesuaikan seberapa tinggi tekanan udara yang ada pada ban, ingat bahwa salah satu fungsi dari ban ialah sebagai peredam getaran yang diterima sewaktu kendaraan melaju di jalanan, sebelum nantinya getaran yang telah teredam ini dieruskan untuk diredam kembali dengan shock absorber. Menggunakan tekanan udara pada ban yang kurang sesuai, selain dapat mempercepat proses kerusakan suspensi mobil, juga dapat menyebabkan kerusakan pada ban mobil itu sendiri, misalnya jika tekanan angin terlalu rendah akan membuat ban menjadi makan sisi luar sekaligus sisi dalam, bila tekanan pada angin ban terlalu keras bisa mengakibatkan ban menjadi mudah benjol saat menghantam lubang / gundukan di jalanan dan bahkan tekanan angin yang terlalu tinggi bisa mempercepat kerusakan shockbreaker.

Perlambat laju mobil ketika lewat jalanan kurang bagus

Cara sederhana untuk merawat suspensi mobil agar tidak gampang rusak selanjutnya adalah kurangi kecepatan mobil ketika melewati jalanan yang tidak bagus atau rintangan lain seperti ketika melewati banyak polisi tidur, melewati rel kereta api. Dengan anda memperlambat laju mobil ketika melewati jalanan yang tidak bagus maka anda sudah melakukan upaya untuk merawat suspensi mobil agar awet.


Parkirkan kendaraan di jalanan yang rata

Memarkirkan mobil di lokasi yang posisinya tidak rata alias miring, tentu akan membuat berat body mobil akan menuju ke sisi dimana mobil tersebut miring, sehingga salah satu suspensi akan menopang lebih berat beban ketimbang suspensi lainnya. Hal ini tentunya akan membuat umur suspensi tersebut menjadi lebih singkat.


Perbaiki segera kerusakan sistem suspensi sekecil mungkin

Jika ada salah satu komponen yang termasuk kedalam sistem suspensi mobil yang mengalami kerusakan, segera mungkin lakukan penggantian komponen tersebut agar nantinya tidak merembet dan merusak komponen lainnya.

Baca juga : Mengenal sistem suspensi mobil dan fungsinya

Nah sebenarnya merawat suspensi mobil itu sangat sederhana dan mudah sekali bukan ? namun kenyataannya di masyarakan umum masih banyak yang lupa beberapa hal diatas, bahkan banyak yang menggeber mobilnya dengan kecepata tinggi di jalanan yang rusak mentang mentang mobil miliknya mahal dengan suspensi yang enak dan dapat melakukan peredaman dengan baik. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: