Home » » Komponen Suspension System Dan Fungsinya

Komponen Suspension System Dan Fungsinya

Advertisement
Fungsi komponen suspensi - pada kendaraan roda empat kita mengenal istilah yang disebut dengan suspension system, dimana pada komponen ini memikiki fungsinya yang sangat vital pada kendaraan roda empat dalam hal kenyamanan berkendara serta keamanannya.

Tanpa sistem suspensi ini tentu saja mobil yang kita kendarai akan terasa layaknya naik gerobak, keras, dan bisa membuat seluruh badan menjadi pegal. Lalu apa sajakah komponen yang ada dalam sistem suspensi dan fungsi fungsinya ?.


suspension system



Fungsi suspension Suspension ini memiliki dua fungsi utama yakni sebagai peredam kejut agar kendaraan dapat dikendarai dengan lembut, halus dan nyaman serta untuk kestabilan dalam berkendara.

Komponen yang ada didalam sistem suspensi

Shock absorbers

Komponen ini memiliki fungsi untuk meredam kejutan yang ditimbulkan oleh spring ketika kendaraan melaju pada jalanan yang tidak bagus.

Stabilizer

Fungsi utama dari stabilizer ialah untuk mengurangi gejala limbung atau bantingan body mobil ketika kendaraan sedang belok.

Upper joint dan lower joint

Komponen yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan penunjang suspensi dengan lengan atas serta lengan bawah agar dapat memberikan gerakan yang bebas, sehingga knucle arm dapat bergerak secara bebas secara horizontal ketika dibelokkan.

Upper arm dan lower arm

Komponen ini adalah sebagai lengan ayun knuckle agar dapat bergerak naik dan turun ketika mobil melintasi jalannan yang tidak bagus. Untuk lebih jelas mengenai fungsi lower arm silahkan baca tulisan kami terbaru dengan judul : Fungsi lower arm mobil.

Shackel and spring ganger

Komponen ini memiliki fungsi sebagai dudukan dari ujung ujung pegas daun serta untuk memegang pegas daun pada bagian depan dan belakang sehingga memungkinkanpegas daun ini dapat bergerak secara bebas keatas dan kebawah.

Baca juga : Macam macam jenis suspensi kendaraan

semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan.


Advertisement