Cara Atasi Suara Berisik Di Mesin Motor Saat Kopling Ditekan

Advertisement
Cara atasi mesin motor berisik - suara mesin motor yang berisik tentu akan membuat kita merasa tak nyaman dan merasa kuatir jangan jangan telah terjadi sesuatu pada mesin motor yang kemungkinan nanti akan berakibat fatal bila terlalu lama dibiarkan, salah satunya ialah timbulnya suara berisik di bagian mesin motor ketika tuas kopling ditekan.

mesin motor bunyi berisik


Bunyi berisik di bagian mesin motor pada saat tuas kopling ditekan biasanya diakibatkan karena adanya kerusakan pada bagian bearing kopling atau release bearing yang mana diakibatkan karena faktor pemakaian. Ciri paling umum yang terjadi ketika release bearing pada sistem kopling motor bermasalah ialah pada saat tuas kopling ditekan, mesin terasa nyendat dan motor seperti kehilangan tenaga, dan sewaktu gas motor dibuka, kopling akan terasa molor.

Baca juga : Penyebab rantai motor kencang kendur sendiri dan mengatasinya

Agar masalah ini tidak berlarut larut maka anda perlu melakukan penggantian komponen release bearing ini dengan komponen yang baru. Anda bisa mengerjakannya di bengkel resmi, bengkel langganan maupun anda kerjakan sendiri dirumah bila kalian suka otak atik mesin motor.

Untuk harga release bearing kopling biasanya dijual di kisaran harga 20 ribu hingga 30 ribu rupiah untuk kualitas yang bagus, harga bisa berbeda beda tergantung jenis motor yang anda gunakan tentunya. Dan untuk biaya pemasangan di bengkel umum biasanya dipatok dengan tarif 15 hingga 20 ribu rupiah saja.

Perhatikan pula bagian kampas kopling motor sewaktu anda melakukan penggantian komponen release bearing, bila bagian kampas cakram kopling ternyata sudah mulai menipis alangkah bagusnya diganti saja sekalian dengan yang baru. Dengan begitu anda sudah tidak lagi mendengar suara berisik di bagian mesin motor saat tuas kopling ditekan, sehingga perjalanan anda pun terasa nyaman kembali.

Baca juga : Kerusakan yang paling sering terjadi pada motor matik



Subscribe to receive free email updates: