PENYEBAB LAMPU REM TANGAN TETAP NYALA DAN CARA MEMPERBAIKINYA

Advertisement
Penyebab lampu indikator rem tangan nyala - salah satu piranti yang wajib ada di kendaraan roda empat ialah keberadaan rem parkir, rem parkir iaah sebuah rem yang dapat dioperasikan dengan menggunakan tangan ataupun injakan yang berguna untuk menahan mobil yang sedang diparkirkan tetap pada posisinya.

Rem parkir yang paling banyak digunakan pada kendaraan mobil adalah yang cara pengoperasiannya dengan menggunakan tangan yang sering disebut dengan istilah REM TANGAN / HAND REM. Dengan adanya rem parkir atau parking brake ini mobil akan terhindar dari yang namanya kecelakaan ketika diparkirkan, misalnya saja mobil bergerak saat tidak sengaja tersentuh oleh seseorang yang selanjutnya mengakibatkan mobil tersebut meluncur bebad dan akhirnya menabrak.

lampu rem tangan nyala

Rata rata masalah yang terjadi pada sistem rem parkir ini diantaranya adalah rem parkir kurang pakem, rem parkir macet, rem parkir blong, dan masalah yang juga sering muncul pada mobil ialah lampu indikator rem parkir yang tetap menyala walaupun rem parkir tersebut sudah di nonaktifkan atau di off kan ( diturunkan ). Lalu apa sih yang menyebabkan indikator rem parkir yang ada di dasboard mobil tetap menyala ? Untuk dapat mengatasi hal ini tentu anda harus terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab lampu indikator rem tangan menyala yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan rem tangan kurang sempurna

Penyebab pertama kenapa indikator rem yangan tetap menyala walaupun sudah diturunkan salah satunya adalah kurang sempurnanya kita saat menonaktifkan rem parkir, misalnya saja saat menurunkan kita kurang full, atau pada saat itu terganjal oleh sesuatu sehingga switch hand rem tetap terpencet sehingga mengakibatkan lampu indikator tidak mati. Cobalah anda mainkan tuas rem parkir anda dengan menaikkan dan menurunkan full. Jika lampu rem tangan tidak juga mati silahkan periksa bagian lainnya seperti switch rem parkir yang terdapat di bagian bawah tuas hand brake maupun yang ada didalam tangki reservoir minyak rem.


2. Minyak rem di tangki reservoir kurang

Terdapat satu buah switch lampu indikator hand brake didalam tangki reservoir minyak rem yang berbentuk seperti pelampung ( mirip dengan switch di waterseparator mesin diesel ) yang nantinya akan memberitahukan kita bahwa kondisi cairan minyak rem didalam tabung reservoir ini berkurang. Cobalah periksa apakah memang benar ketinggiannya berkurang, jika iya silahkan tambahkan lagi cairan minyak rem kedalam tangki reservoir hingga batas maksimumnya. Dalam keadaan normal memang minyak rem bisa turun atau berkurang yang diakibatkan semakin menipisnya kampas rem mobil, sebaiknya lakukan pengecekan pada bagian kampas rem juga siapa tahu memang tipis dan harus diganti.


3. Switch rem parkir mengalami kerusakan

Jika setelah anda main mainkan tuas rem tangan namun masih saja tetap menyala lampu indikatornya di dasboard mobil, bisa juga diakibatkan karena adanya kerusakan switch rem parkir, maka dari itu cobalah anda periksa apakah switch rem parkir tersebut masih bisa berfungsi dengan baik atau sudah rusak.

Switch rem parkir ini ada dua buah, yang pertama terletak di bagian bawah ataupun belakang tuas hand rem, silahkan lakukan pembongkaran dan lakukan pengujian switch tersebut dengan menggunakan avometer, jika diketahui rusak silahkan dilakukan penggantian dengan part baru.

switch rem tangan


Switch rem parkir yang kedua terletak didalam tabung reservoir minyak rem yang berfungsi untuk memberitahukan kita bahwa ketinggian fluida minyak rem berkurang / turun, jika ternyata baik fluida minyak rem masih tinggi dan switch rem tangan yang berada didekat tuas hand rem masih bagus, bisa dipastikan penyebabnya dikarenakan switch indikator didalam tangki minyak rem ini kurang sempurna.

Hal ini sering sekali terjadi sesaat setelah melakukan penggantian cairan minyak rem dengan yang baru, posisi switch yang berupa pelampung ini tersangkut sehingga membuat lampu indikator kadang berkedip atau malah tetap menyala. Untuk mengatasi hal ini coba pukul pukul tangki reservoir minyak rem dengan gagang obeng agar terjadi guncangan yang membuat posisi switch pelampung ini kembali ke posisi yang semula.

Baca juga : Fungsi lain dari rem tangan atau handbrake

Nah itulah tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan kenapa lampu indikator rem tangan tetap menyala meskipun tuas rem parkit telah diturunkan atau dinonaktifkan. Semoga bermanfaat dan semoga mambantu.


Subscribe to receive free email updates: