Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel

Advertisement
Fungsi mesin turbo diesel - pernahkah anda mendengar istilah turbocharger pada kendaraan roda empat bermesin diesel seperti truk dan beberapa varian mobil yang menggunakan mesin diesel ?. Turbocharger ini adalah salah satu komponen paling penting yang mampu memberikan tambahan tenaga pada kendaraan yang bermesin diesel.

Tanda adanya komponen yang satu ini sudah bisa dipastikan mesin mesin diesel pada kendaraan roda empat tersebut tidak memiliki power yang bandel. Nah dalam edisi kali ini kami akan membagikan sebuah artikel mengenai seluk beluk mesin turbocharger ini dan semoga dapat memberikan manfaat buat anda.

turbocharger


Fungsi dan cara kerja mesin turbocharger

Turbocharger adalah sebuah mesin khusus yang memiliki bentuk seperti rumah keong, yang dipasang tepat berada pada ujung saluran exaust yang kemudian memanfaatkan tekanan dari gas buang tadi untuk memutar turbin yang berada pada exaust kemudian turbin inipun memutar kompressor wheel sehingga suplay oksigen yang masuk dari luar menuju kedalam ruang bakar menjadi lebih banyak. Selain itu mesin ini juga mampu memanfaatkan sisa uap bahan bakar yang belum terbakar sempurna dan mengembalikannya lagi kedalam ruang bakar untuk dilakukan pembakaran ulang.

Bahasa yang paling sederhana dari uraian panjang diatas mengenai fungsi turbocharger adalah untuk mengkonversikan energi energi panas serta tekanan gas buang dari hasil pembakaran untuk dijadikan energi mekanis putar poros yang nantinya akan dipergunakan untuk mengkompresi udara masuk dari intake manifold. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.


Keterangan untuk gambar dibawah

  1. Warna merah adalah aliran udara hasil pembakaran ( gas buang ) yang menuju dan memutar turbin wheel. Selanjutnya turbin wheel akan berputar pada porosnya dan memutar compressor wheel.
  2. Warna biru adalah aliran udara yang dihisap dari luar oleh compressor whell, kemudian dialirkan dan distabilkan suhunya kedalam intercooler dan selanjutnya dimasukkan kedalam ruang bakar.

turbocharger


Manfaat turbocharger


  1. Meningkatkan tenaga pada sebuah mesin diesel menjadi berlipat ganda
  2. Menghemat bahan bakar karena sisa pembakaran akan dimampatkan dan dikembalikan ke ruang bakar
  3. Lebih ramah lingkungan karena pasokan udara kedalam mesin melimpah membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.


Dengan adanya teknologi ini memungkinkan sebuah mesin yang berkapasitas atau ber cc kecil menghasilkan tenaga yang sangat besar. Setiap teknologi memiliki kelebihan dan juga kekurangan pastinya, dan kekurangan pada teknologi ini adalah ketidak responsivan mesin atau turbo lag. Turbo lag adalah kondisi dimana ketika kita menginjak pedal gas, mesin tidak akan langsung memberikan tenaga atau dorongan, namun selang beberapa detik mesin akan menghasilkan tenaga dua kali lipat.

Selain itu mesin yang mengadopsi teknologi ini pada umumnya terdengar berisik seperti bunyi nging yang sangat berkoar koar yang dikarenakan putaran turbin didalam mesin turbo. Selain itu perawatan turbocharger pun harus selalu diperhatikan agar tidak mudah rusak. Untuk meminimalisir kerusakan anda juga bisa memanfaatkan sebuah alat yang bernama Turbo Timer.

Baca juga : Pengertian angka cetane pada bahan bakar solar

Nah bagaimana apakah kalian sudah memahami pengertian turbocharger dan juga fungsinya ?. Silahkan dibagikan ke yang lain.

Untuk artikel yang berkaitan dengan mesin turbo, silahkan baca juga yang menarik dibawah ini :





Subscribe to receive free email updates: