Pengertian Rasio Kompresi Mesin

Advertisement
Pengertian rasio kompresi mesin - rasio kompresi pada sistem pembakaran mesin mobil merupakan nilai yang mewakili rasio dari volume ruang bakar secara keseluruhan sebelum di kompresi dimana posisi piston berada pada posisi titik mati bawah atau TMB dengan total volume saat udara telah dikompresi secara penuh dimana piston berada pada posisi titik mati atas atau TMA.

Dan rasio kompresi mesin ini adalah salah satu spesifikasi paling dasar dari seluruh sektor mesin kendaraan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambarnya dibawah ini.


Pengertian Rasio Kompresi Mesin

Sebagai contoh, misalnya sebuah silinder ruang bakar mesin pada saat piston berada pada titik mati bawah ( TMB ) memiliki kapasitas 1000cc, kemudian saat piston ini bergerak naik untuk mengkompresi campuran udara dan bahan bakar sampai piston berada pada titik mati atas ( TMA ), sisa volume silinder hanya berisi 100cc udara saja, maka dari contoh diatas mesin tersebut memiliki rasio kompresi sebesar 1000:100 atau jika di perkecil hitunganya rasionya menjadi 10:1 .


Fungsi aspek rasio kompresi pada sebuah mesin

tinggi rendahnya rasio kompresi mesin ini tentu akan mempengaruhi ledakan tenaga yang dihasilkan oleh mesin, kompresi mesin yang tinggi akan membuat suhu dan tekanan menjadi lebih tinggi yang imbasnya membuat termal mesin pun menjadi lebih efisien. Dan semakin tinggi efisiensi dari termal mesin juga akan berimbas pada besarnya muntahan tenaga yang dihasilkan dan juga membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien atau hemat.

Nah anda juga perlu tahu bahwa semakin tinggi rasio kompresi diatas bisa membuat suhu udara yang dikompresi menjadi lebih panas yang bisa membuat campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar secara sendirinya sebelum dipantik menggunakan busi yang biasa disebut dengan istilah detonasi. Efeknya adalah terjadi knocking pada piston yang ditandai dengan suara mesin mengelitik.

Oleh sebab itu semakin tinggi kompresi mesin maka perlu di diakomodir dengan bahan bakar yang sesuai dan tidak mudah terbakar pada rasio kompresi tertentu. Pastikan anda menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tepat sesuai dengan rasio kompresi dari mesin anda. Untuk mengetahui bahan bakar dengan oktan berapa yang bagus untuk motor anda silahkan baca tulisan kami yang lain melalui tautan dibawah.

Baca : Pengertian angka oktan pada bahan bakar mesin

Dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rasio kompresi mesin sepeda motor atau mobil yang kalian gunakan, akan membuat efek knocking bisa diminimalisir bahkan dihilangkan karena proses pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal.

Jadi semakin tinggi rasio kompresi mesin maka semakin besar pula tenaga yang dihasilan dengan syarat menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai atau direkomendasikan.

Rumus menghitung rasio kompresi mesin


rumus menghitung rasio kompresi


Nah semoga penjelasan singkat diatas bisa lebih menambah wawasan anda mengenai apa itu kompresi mesin, efek kompresi mesin terhadap tenaga dan juga penggunaan bahan bakar apa yang sesuai dengan rasio kompresi mesin kendaraan anda.

Oh iya beberapa artikel dibawah ini mungkin juga dapat bermanfaat buat anda.



Subscribe to receive free email updates: