Cara Meningkatkan Kompresi Mesin

Advertisement
Cara menaikkan kompresi mesin - semakin tinggi nilai dari rasio kompresi mesin maka akan berdampak pada tingginya tekanan serta suhu yang ada pada ruang bakar mesin yang selanjutnya saat proses pembakaran terjadi, membuat ledakan tenaga mesin menjadi lebih besar yang tentunya diikuti dengan penggunaan bahan bakar yang tepat, sebab kompresi mesin yang tinggi jika memakai bahan bakar sekelas premium resiko terjadinya knocking piston menjadi tinggi.

Knocking adalah kondisi dimana bahan bakar terbakar duluan sebelum dinyalakan oleh busi, sehingga seolah olah gerakan piston ini tidak langsung lurus naik turun, melainkan bergetar yakni naik-turun dan goyang ke kiri dan kekanan sehingga malah membuat tenaga mesin menjadi loyo dan resiko kerusakan mesin menjadi lebih besar lagi.

motor drag racing

Itulah sebabnya beberapa motor yang memang digunakan untuk ajang balapan, khususnya balapan jarak pendek atau drag akan memodifikasi sektor dapur pacu dengan meningkatkan rasio kompresi dari yang semula standar bawaan motor menjadi lebih tinggi lagi. Lalu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasio kompresi mesin ? silahkan disimak cara caranya dibawah ini.

Cara menaikkan rasio kompresi mesin


1. Papas silinder head atau blok mesin


Papas silinder head atau blok mesin

Cara yang pertama adalah dengan memperpendek ruang ruang bakar, untuk memperpendek ruang bakar ini anda bisa memapas blok mesin dan boring bagian atas atau silinder headnya sehingga yang semula panjang menjadi pendek. Dengan melakukan pemapasan ini anda akan mendapatkan ruang kompresi yang jauh lebih rapat lagi sehingga rasio kompresi pun menjadi naik.

2. Mengganti piston standar dengan dome piston


Mengganti piston dengan dome piston
Contoh model bentuk dome piston

Cara berikutnya untuk meningkatkan kompresi mesin adalah dengan mengganti piston standar bawaan motor dengan piston aftermarket type dome atau kubah. Piston dome ini memiliki bentuk kubah atau tonjolan lebih pada permukaannya, sehingga kubah atau tonjolan yang ada pada ujung piston ini membuat ruang kompresi menjadi lebih rapat dan rasio nya naik.

3. Memperbanyak pasokan udara kedalam ruang bakar


turbo motor
Contoh pengaplikasi an turbo pada mesin motor

Langkah berikutnya agar kompresi mesin bisa meningkat adalah dengan memasok udara lebih banyak kedalam ruang bakar. Secara umum udara yang masuk kedalam ruang bakar ini volumenya sama dengan jumlah udara saat langkah hisap dimana piston berada pada titik mati bawah yang kemudian dikompresi. Untuk menaikkan kompresi mesin anda juga bisa memasok jumlah udara yang jauh lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga kompresinya menjadi meningkat. Salah satu caranya adalah dengan memasang perangkat turbocharger pada mesin.

Selain mengaplikasikan mesin turbo kedalam mesin, anda juga bisa mengaplikasikan teknologi NOS kedalam mesin baik itu mesin mobil maupun mesin motor untuk meningkatkan kompresi sehingga tenaga menjadi lebih powerfull.

Sebagai informasi tambahan kapasitas ruang mesin yang biasa kita sebut dengan cc mesin adalah sebuah kapasitas atau ruang volume dimana 1 cc sama dengan 1cm kubik ( 1cm x 1cm x 1cm ). Jika anda ingin menaikkan cc mesin dari yang standar ke cc tertentu juga harus mengerti cara melakukan perhitungannya.

Untuk tulisan kami yang lain yang berkaitan dengan tenaga mesin silahkan baca baca dibawah ini :



Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: