Tips Mencegah Hidroplaning Pada Mobil

Advertisement
Cara cegah hidroplaning - hidroplaning ialah suatu kondisi dimana roda atau ban mobil tidak dapat menapak secara sempurna atau kehilangan traksinya terhadap aspal jalan akibat adanya lapisan air yang menggenangi permukaan aspal jalanan. Sehingga mobil yang mengalami hidroplaning ini akan mengalami selip pada rodanya, baik itu bagian depan saja, bagian belakang saja atau bahkan keseluruhan roda mobil bisa mengalami hidroplaning.

Disaat musim hujan seperti ini biasanya rawan sekali mobil mobil dijalan raya mengalami kejadian ini,nah agar anda terhindar dari hidroplaning seperti ini maka ada beberapa hal yang harus kalian lakukan agar saat anda berkendara, mobil tidak mengalami hidroplaning yang berujung pada sebuah kecelakaan yang fatal.

tips mengemudi dimusim hujan

Cara mencegah hidroplaning di jalan raya


1. Menghindari memakai ban gundul

Terkadang entah lupa, tidak pernah memperhatikan kondisi roda mobil atau memang kantong lagi cekak sehingga tidak mengganti ban yang permukaannya sudah mulai halus alias gundul. Padahal ban gundul seperti ini sangatlah rawan terjadi hidroplaning, karena ban sudah tidak lagi memiliki alur atau kembang ban yang bermanfaat untuk membuang atau menyibakkan air yang berada dibawah roda. Untuk itu jika sudah memasuki musim penghujan, sebaiknya jangan memakai ban yang sudah aus / gundul pada mobil anda.

Baca juga : Mitos mengempiskan ban saat hujan bisa menambah traksi

2. Jangan ngebut kurangi kecepatan

Tips agar anda tidak terjebak hidroplaning saat hujan tiba yang membasahi seluruh aspal jalanan, sebaiknya anda mengurangi kecepatan anda, sebab rata rata hidroplaning ini akan terjadi dan menyerang kendaraan yang dipacu dalam kecepatan tinggi diatas 80 km/jam ( kecuali anda memakai ban khusus ). Oleh sebab itu jika kalian tidak mau terkena hidroplaning sebaiknya kurangi segera kecepatan mobil anda dan mengemudilah secara pelan.

3. Hindari melewati genangan air

Semakin tebal lapisan air yang ada dijalan raya, maka resiko terjadinya hidroplaning pun semakin tinggi dan tidak perlu menunggu memacu kecepatan mobil yang tinggi, dengan kecepatan rendah pun ban akan mengalami hidroplaning jika dipakai untuk melewati benangan air yang tinggi. Dan karena alasan ini pulalah sebaiknya anda hindari melewati jalanan yang tergenang air.

Selain beresiko membuat ban mobil terkena hidroplaning, kita juga tidak tahu apakah jalanan yang tergenang air tersebut dibawahnya ada jebakan batman ataukah tidak, misalnya ada lubang yang menganga dan dalam yang bisa menyebabkan mobil terperosok.

4. Jangan memakai fiturcruise control

Ketika kita berkendara di jalan bebas hambatan alias jalan tol, menggunakan fitur cruise control tentu sangat bermanfaat untuk membantu mengistirahatkan kaki kita, sebab cruise control ini memungkinkan kita berkendara dengan kecepatan yang stabil tanpa harus kita menginjak pedal gas. Namun bila ternyata pada saat anda menggunakan fitur ini di jalan tol kemudian turun hujan, sebaiknya matikan saja dan berkendaralah secara manual tanpa cruise control, karena dengan berkendara secara normal anda bisa merasakan bagaimana kondisi jalan yang ada serta membuat anda mampu mengontrol kendaraan dengan lebih baik.

5. Pakailah gigi rendah

Memakai gigi perseneling rendah sangat membantu roda kendaraan untuk memperoleh traksi yang maksimal terhadap aspal jalan. Ingat semakin kencang laju kendaraan maka semakin besar pula resiko terkena hidroplaning. Dengan menggunakan gigi perseneling rendah tentu akan membuat anda tidak akan menggeber mobil dengan kencang bukan ?. Lalu bagaimana jika kita berkendara dijalan tol yang mengharuskan kita memacu mobil dengan kencang ? Pakailah kecepatan batas bawah yang diijinkan di jalan tol tersebut.

Baca juga : Tips cara aman mengemudi di musim hujan

Nag itulah tadi beberapa tips agar anda tidak terjebak hidroplaning yang kemungkinan besar menyebabkan kecelakaan dijalan raya. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: