Home » » Kelebihan Kekurangan Suspensi Independen

Kelebihan Kekurangan Suspensi Independen

Advertisement
Kekurangan kelebihan suspensi independen - salah satu model suspensi yang terdapat pada sebuah mobil adalah suspensi jenis independen, suspensi ini sering kita temukan pada mobil mobil mewah / mahal yang beredar di indonesia dimana mobil yang dipasangkan suspensi jenis ini lebih mengutamakan kenyamanan sang pengemudi ataupun penumpangnya.

Selain terpasang pada beberapa jenis kendaraan mewah suspensi model ini juga paling banyak digunakan untuk kendaraan off road. Suspensi independen ini terkadang disebut juga dengan suspensi kupu kupu dimana gerakannya mirip dengan seekor kupu kupu terbang yang mengepakkan sayapnya.



Sesuai dengan namanya yakni independen, ketika sebuah kendaraan yang menggunakan suspensi type ini melewati jalanan berlubang, maka pada salah satu atau beberapa roda akan bergerak secara bebas naik turun tanpa mempengaruhi roda yang lainnya.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan suspensi per daun ( leaf spring )

Kelebihan suspensi independen

Salah satu kelebihan dari suspensi independen ini seperti yang telah dijelaskan diatas yaitu anda tidak akan merasakan body mobil yang bergoyang goyang ketika anda melintasi jalanan jelek dan berlubang. Karena pada ke empat rodanya tidak saling berhubung satu sama lain dan hanya bertumpu pada masing masing suspensinya, sehingga misalnya roda belakang kanan menginjak lubang, maka hanya roda tersebut saja yang bereaksi bergerak naik dan turun. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.

Kekurangan suspensi independen

Satu satunya kekurangan yang terdapat pada sistem suspensi jenis independen ini adalah harganya yang sangat mahal jika mengalami kerusakan, selain itu kontruksi yang sangat rumit membuat proses perbaikan suspensi ini membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang model suspensi yang lain seperti misalnya suspensi axle ridgid ataupun macpherson

Nah itulah tadi kelebihan serta kekurangan yang ditawarkan oleh mobil yang mengaplikasikan sistem suspensi independen ini. Sepertinya harga dan lamanya waktu perbaikan tidak jadi masalah dibandingkan kenyamanan yang akan kita peroleh. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Kekurangan dan kelebihan suspensi double wishbone



Advertisement