Kelebihan Dan Kekurangan Suspensi Per Daun
Advertisement
Alasan mengapa jenis suspensi per daun ini masih tetap dipertahankan hingga saat ini adalah kelebihannya dalam hal menopang beban yang sangat berat sehingga produsen manapun tetap mempertahankan suspensi yang satu ini.
Suspensi leaf spring atau per daun ini merupakan sistem suspensi yang terdisi dari beberapa lembar pelat baja tebal antara 3 hingga 5 lembar atau lebih yang disusun secara vertikal atau keatas. Pengaplikasian suspensi ini adalah dengan merekatkan poros sumbu roda pada bagian tengah per daun, sedangkan pada bagian ujung ujung nya langsung di ikat ke body kendaraan.
Dan berikut adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari suspensi type per daun yang dapat anda ketahui.
Kelebihan suspensi leaf spring
Kontruksinya sangat sederhana yakni hanya berupa beberapa lembar pelat baja tebal yang disusun dan direkatkan ke body kendaraan sehingga posisi atau letaknya tidak akan bergeser serta memiliki kekuatan yang sangat kokoh untuk menahan beban.
Kekurangan suspensi leaf spring
Selain kelebihan ternyata suspensi ini pun memiliki beberapa kelemahan yakni tingkat kendaraan yang menggunakan suspensi model ini jika dikendarai akan terasa tidak nyaman, terasa keras dan timbul bunyi bunyian akibat gesekan antar pelat karena habisnya bushing leaf spring ataupun pelapis antar spring.
Dalam pengaplikasiannya
Karena tingkat kekuatannya yang super kokoh ini, suspensi leaf spring banyak diaplikasikan kedalam kendaraan muatan berat yakni seluruh jenis truk, kendaraan angkutan besar seperti bus dan juga mini bus. Beberapa jenis mobil kecil yang menggunakan suspensi ini antara lain kijang lama / kapsul, isuzu panther, toyota hilux model lama,nissan evalia,kendaraan off road dan lain sebagainya.Baca juga : Kelebihan serta kekurangan suspensi independen pada mobil
Untuk mengetahui jenis jenis suspensi lainnya silahkan anda baca artikel dengan judul jenis jenis suspensi mobil
Semoga bermanfaat untuk anda dan silahkan jangan lupa untuk dibagikan.