Resiko Injak Rem Mobil Terlalu Lama Piston Rem Bisa Overheat

Advertisement
Merawat rem mobil - rem adalah komponen yang paling vital keberadaannya bagi kendaraan bermotor baik itu pada motor ataupun mobil, karena dengan adanya rem inilah kita bisa mengontrol laju kendaraan, khususnya ketika melakukan perlambatan laju kendaraan disaat yang dibutuhkan. Dan penggunaan rem ini juga ada aturannya yakni jangan menginjak rem secara terus menerus khususnya di jalanan turunan apalagi yang jauhnya berkilo kilo.

Kenapa kok rem tidak boleh di injak terus terusan di jalanan menurun ? bukankah malah berbahaya jika melewati jalanan turunan tidak menginjak rem ? bisa bisa mobil malah celaka. Memang boleh boleh saja melakukan pengereman dengan menginjak pedal rem namun jangan secara terus menerus karena dapat mengakibatkn terjadinya overheat pada piston rem.

brake pedals

Hasilnya tentu saja piston yang overheat akan mengalami kemacetan akibat memuai secara berlebih yang bisa membuat rem mobil menjadi tidak berfungsi alias macet atau bahkan blong. Bukankah malah berbahaya yang seperti ini ?

Baca juga : Tips aman melakukan engine brake pada mobil

Lalu apa yang harus dilakukan ketika melewati jalanan menurun bila tidak boleh injak rem terus menerus ?

Untuk mengatasi hal ini alangkah baiknya anda lakukan pengereman dengan menggunakan mesin mobil yang biasa disebut dengan istilah engine brake. Cara melakukannya pun jukup mudah, silahkan anda gunakan gigi paling rendah, bisa gigi 1 ataupun gigi 2 tanpa menginjak pedal rem ataupun gas. Bila anda merasakan mobil terasa seperti tertahan, maka saat itu juga engine brake sedang berlangsung, laju kendaraan akan ditahan oleh rpm mesin, dan gunakan rem mobil di saat saat yang tepat saja misal jarak mobil anda sudah sangat dekat dengan mobil yang ada didepan maka saat inilah waktu yang pas untuk menginjak pedal rem. Dan bila terjadi kemacetan manfaatkan tuas rem parkir untuk menahan mobil agar tidak meluncur.

Dengan melakukan teknik engine brake ketika melewati jalanan menurun ini, anda sudah dapat membantu sistem pengereman agar tidak terjadi overheat dan kerusakan serius pada sistem rem yang berakibat lebih fatal nantinya. Disamping itu juga bermanfaat bagi kampas rem yang awet dan tidak cepat habis karena bolak balik dipakai untuk mengerem bukan :).

Baca juga : Pengetahuan otomotif inilah waktu yang tepat mengganti minyak rem

Nah bagaimana apakah anda sudah memahami betapa pentingnya merawat komponen rem yang bertanggung jawab terhadap keselamatan anda maupun pengendara lain ? semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share. ( https://automotivexist.blogspot.com/ )


Subscribe to receive free email updates: