Penyebab Setir Mobil Terasa Melayang Dan Mengatasinya

Advertisement
Penyebab setir mobil terasa melayang - salah satu hal yang membuat hati kita merasa aman dan nyaman ketika berkendara menggunakan mobil bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, namun faktor utama yang paling mempengaruhi nyaman tidaknya kita ketika mengemudikan kendaraan ialah stabilnya sebuah mobil untuk dikendarai.

Bayangkan saja bila mobil saat dipacu di jalan raya terasa tidak stabil, selain membuat kita selalu was was juga sangat berdampak pada kepuasan kita dalam menyetir. Beberapa hal yang membuat kita tidak merasa nyaman saat mengemudikan mobil diantaranya adalah setir mobil yang miring, mobil narik kiri atau kanan sendiri ketika setir dilepas, dan yang paling menakutkan adalah setir mobil terasa melayang alias ngambang saat mobil dijalankan.

setir mobil melayang

Nah pada edisi kali ini kami akan menjelaskan penyebab setir mobil terasa melayang dan bagaimana mengatasi setir mobil yang terasa melayang tersebut.

Penyebab setir mobil terasa seperti melayang

Setir mobil yang melayang ini biasanya banyak dipengaruhi karena adanya kesalahan pada sudut sudut geometrinya, khususnya pada sudut casternya. Sudut caster yang kurang dari nilai standar kenyamanan atau bahkan malah minus akan membuat setir terasa melayang. Penyebab kenapa sudut caster ini kurang atau minus pun bervariasi, mulai karena berubahnya sudut caster yang dikarenakan penggantian understeel ataupun dimodifikasi tanpa melakukan spooring ulang.

Standar derajat caster yang nyaman berada di kisaran angka 3.00 sampai 3.30 derajat, sudut caster yang terlalu rendah dari nilai nyaman tersebut maka setir akan terasa ringan dan melayang, sedangkan bila derajat caster lebih tinggi dari angka diatas biasanya setir akan terasa berat dipakai belok. Setir mobil yang melayang ini selain membahayakan juga membuat tangan kita jadi pegal pegal karena harus selalu memegang kemudi mobil.

Cara mengatasi setir mobil melayang

Satu satunya cara untuk mengatasi setir kemudi mobil terasa melayang ini adalah dengan jalan men spooring kan mobil kesayangan anda di bengkel resmi ataupun bengkel khusus yang menyediakan jasa spooring dan balancing untuk dilakukan penyetelan.

Baca juga : Ini manfaat bila rutin melakukan spooring balancing

Tips singkat

Pastikan kalian selalu melakukan spooring ulang setiap kali mengganti komponen understeel khususnya understeel bagian depan, sebab beberapa komponen understeel jika diganti bisa menyebabkan berubahnya sudut geometri roda.


Subscribe to receive free email updates: