Cara Mengecek Bearing Rusak Atau Tidak

Advertisement
Cara cek bearing roda mobil - memelihara kesehatan kaki kaki mobil atau yang biasa dikenal dengan istilah understeel sangatlah perlu diperhatikan, hal ini bertujuan agar kita merasa aman dan nyaman didalam berkendara.

Kerusakan yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil ini biasanya akan menimbulkan bunyi bunyian yang tidak enak serta membuat kita jadi takut memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

cara cek bearing mobil rusak


Adapun bagian kaki kaki mobil yang seringkali mengalami kerusakan diantaranya adalah ball joint, tierod, long tierod, dan juga bearing roda. Dan dalam kesempatan ini kami akan membagikan tips bagaimana mengecek bearing roda mobil yang rusak.

Baca juga : Cara mengecek ball joint mobil yang rusak

Untuk mengecek apakah bearing mobil dalam kondisi baik ataukah sudah rusak, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mendongkrak bagian depan mobil sampai kedua ban depan terangkat dan tidak menyentuh tanah. Selanjutnya silahkan anda pegang ujung roda bagian atas dan bagian bawah, kemudian goyang goyangkan kedepan dan kebelakang apakah ada kocak ataukah tidak.

Bila iya jangan langsung menyimpulkan bearing anda rusak, silahkan minta bantuan teman untuk menginjak pedal rem secara kuat dan ulangi mengecek.  Bila kocak tadi masih tetap ada berarti ball joint yang mengalami kerusakan, namun bila kocak tadi menghilang maka bisa dipastikan bearing mobil anda longgar. Untuk jenis mobil tertentu seperti produk Isuzu bisa dilakukan penyetelan, dan beberapa mobil modern biasanya harus dilakukan penggantian.

Cek juga putaran roda caranya adalah dengan memutar roda menggunakan tangan kanan, sedangkan tangan kiri anda memegang shockbreaker atau upper arm. Bila terasa getaran atau geronjalan menandakan bearing mobil kalian bermasalah dan sebaiknya langsung dilakukan penggantian dengan part yang baru. Putaran bearing yang kasar ini menandakan ada kecacatan didalam komponen tersebut, dan bila tetap dipakai bisa bisa bearing roda akan hancur dan menimbulkan masalah lain dikemudian hari.

Baca juga : Berbagai penyebab kenapa bearing mengalami kerusakan

Nah mungkin sampai disini kalian sudah paham bagaimana cara mengecek bearing yang rusak dan tidak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan artikelnya.


Subscribe to receive free email updates: