Bagus Mana Full Fairing Fiber VS Plastik ?

Advertisement
Fairing motor plastik VS fiber - saat ini banyak sekali aksesoris fairing motor yang dijual dipasaran dengan model yang beragam serta terbuat dari beberapa bahan yang mayoritasnya terbuat dari bahan fiber dan juga bahan plastik.

Bagi kalian yang mungkin saja ingin memodifikasi sepeda motornya dengan menambah fairing atau mengganti fairing ori dengan produk after market, sebaiknya pilihlah berdasarkan bahan pembuatnya terlebih dahulu, untuk urusan model bisa kita pikirkan belakangan.

fairing custom fiber


Sebab bahan baku pembuatan fairing antara bahan fiber dan bahan plastik ini memiliki kelebihan serta kekurangan masing masing. Dan dibawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan fairing dilihat dari kedua bahan yang dimaksud.

Kelebihan fairing fiber

Kelebihan dari fairing jenis fiber ini adalah harganya yang relatif murah, sebagus bagusnya proses pembuatan harga yang ditawarkan dari fairing berbahan fiber ini relatif lebih murah ketimbang yang terbuat dari bahan plastik. Selain harganya yang murah, fairing fiber ini bila suatu saat pecah entah mungkin roboh atau kecelakaan, bisa diperbaiki dengan cara merekatkan kembali bagian yang pecah dengan menggunakan serat fiber. Untuk proses produksinya bisa diproduksi secara cepat.

Baca juga : Bahaya riding tidak safety, mulai jari kaki patah sampai kaki tertusuk pedal gear

Kekurangan fairing fiber

Tidak lengkap rasanya bila menyebutkan kelebihannya tanpa mengetahui kekurangan dari fairing berbahan fiber ini, adapun kekurangan dari produk fairing fiber ini diantaranya adalah tingkat ke presisian fairing kurang begitu presisi, hal ini tergantung dari skill pembuatnya juga. Selain itu bila anda membeli fairing dari orang yang kurang pengalaman dalam membuat, fairing fiber ini sangat mudah pecah. Dan terakhir yang biasanya sangat menjengkelkan adalah timbulnya bunyi bunyi glodakan ketika digeber dalam kecepatan tinggi, baut fairing mudah kendor dan proses pewarnaan sedikit lebih sulit.

Kelebihan fairing bahan plastik

Untuk jenis fairing yang berbahan plasting ini memiliki tingkat presisi yang tinggi serta hasilnya sangat bagus karena dibuat dengan mesin pencetak khusus. Dan karena tingkat presisinya yang tinggi ini, walaupun motor digeber dengan kecepatan tinggi pun tidak menghasilkan bunyi bunyian yang mengganggu seperti halnya fairing fiber. Dan untuk masalah pengecatan, fairing fiber sepertinya lebih mudah dalam prosesnya.

Kekurangan fairing bahan plastik

Disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan dari fairing model ini. Yang pertama adalah harganya relatif lebih mahal, hal ini dikarenakan proses pembuatannya harus menggunakan cetakan yang membutuhkan biaya tinggi. Kekurangn selanjutnya adalah bila fairing plasting ini pecah, untuk proses perbaikannya sedikit sulit dan kemungkinan besar harus dilakukan penggantian baru. Untuk proses pembuatan pun tidak bisa dilakukan dengan cepat karena harus mempersiapkan cetakan khusus dengan volume tertentu guna menekan biaya produksi.

Untuk masalah perawatan keduanya relatif sama, cukup anda bersihkan atau cuci dengan menggunakan sampo cuci motor guna menghilangkan kotoran yang mungkin melekat pada fairing.

Baca juga : Cara merawat tali kipas mobil agar awet

Setelah melihat beberapa kelebihan serta kekurangan dari masing masing fairing motor, kalian bisa menyimpulkan sendiri fairing manakah yang terbaik menurut kamu. Semoga tips memilih fairing motor diatas bermanfaat untuk anda.


Subscribe to receive free email updates: