Alasan Jangan Melumasi Rantai Dengan Oli Bekas

Advertisement
Tips otomotif motor - banyak sekali diluar sana bengkel bengkel servis motor non resmi yang menggunakan oli pelumas bekas yang digunakan untuk melumasi rantai motor, atau mungkin anda sendiri secara tidak sadar melakukan hal ini dirumah yakni menggunakan oli bekas pakai untuk melumasi komponen rantai motor.

Bila benar demikian, sebaiknya anda tidak lagi mempergunakan oli bekas guna melumasi komponen komponen yang perlu dilumasi seperti salah satunya adalah rantai motor. Alasannya sudah sangat jelas bahwa oli yang sudah menjadi bekas sebaiknya ya tidak dipergunakan lagi, sebab didalam kandungan oli bekas tadi terdapat gram besi yang berasal dari gesekan antar komponen didalam blog mesin, yang bila dipergunakan untuk melumasi rantai motor, akan membuat rantai motor tersebut malah cepat mengalami keausan.

rantai motor


Selain itu oli yang sudah dalam kondisi bekas biasanya memiliki sifat yang pekat dan lengket karena banyaknya endapan residu selama digunakan, dan bila kalian memaksakan melumasi rantai motor dengan menggunakan oli bekas, bisa dipastikan debu atau pasir malah akan menempel pada rantai yang pada akhirnya malah mempercepat proses keausan rantai itu sendiri bila sampai kotoran tersebut masuk kedalam celah bushing rantai.

Nah bila sampai saat ini kalian melumasi rantai motor dengan menggunakan oli bekas, sebaiknya mulai sekarang tidak usah diteruskan. Gunakanlah pelumas khusus yang memang difungsikan untuk melumasi bagian rantai motor yang banyak sekali dijual dengan harga terjangkau di bengkel onderdil. Karena sejatinya rantai motor yang bagus adalah rantai motor yang bersih dari yang namanya noda yang melengket.

Bukankah pelumas rantai gampang mengering ?

Memang benar pelumas rantai didesain untuk cepat mengering agar rantai yang telah dilumasi tidak lengket dan kotoran menumpuk disana. Oleh sebab itu anda dapat dengan mudah membersihkan rantai motor dari kotoran dan melumasinya lagi, lagi dan lagi.
Baca juga : Penyebab mobil belok kekiri sendiri dan mengatasinya
Namun bila kalian tidak terlalu memikirkan hal ini dan tetap ngeyel untuk mempergunakan oli bekas sebagai alternatif melumasi rantai, ya monggo tetap lumasi rantai motor dengan menggunakan oli bekas, saya tidak melarang kok :).


Subscribe to receive free email updates: