Tips Wajib Merawat Vespa Tua Agar Selalu Prima

Advertisement
Perawatan motor vespa tua - memiliki motor vespa terlebih lagi bila usia motor tersebut sudah tua memang gampang gampang susah untuk melakukan perawatannya. Gampang disini dalam artian jika kalian sudah paham betul alias fasih dalam melakukan perawatan motor vespa, sedangkan susahnya disini adalah lantaran parepart dari motor vespa yang berusia tua ini sangatlah langka dan tidak gampang untuk memperolehnya.

Karena sedemikian banyaknya problem serta masalah yang ada pada motor tua ini membuat motor skuter dari negeri spageti ini mendapatkan predikat motor yang sering mengalami mogok, dan ketika sudah mogok terkadang sangat repot dan susah memperbaikinya. Nah bagi kalian yang kebetulan suka sekali dengan skuter asal italia ini agar tidak mengalami masalah masalah seperti mogok dan lain sebagainya, maka kalian pun perlu melakukan perawatan ringan dibawah ini.

Tips Wajib Merawat Vespa Tua Agar Selalu Prima


#Tips Merawat Vespa Tua Agar Selalu Prima


1. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Penggunaan bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi lebih bagus digunakan sebagai bahan bakar motor vespa tua bila dibandingkan dengan bahan bakar beroktan rendah ( premium ), sebab bahan bakar yang memiliki nilai oktan rendah akan menimbulkan kerak atau jelaga dalam proses pembakarannya di ruang bakar yang nantinya akan berimbas terganggunya kinerja mesin vespa.

Baca juga : Daftar merk semir ban yang berkualitas bagus

2. Menggunakan oli samping yang berkualitas tinggi

Selain menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus, penggunaan oli samping dengan kualitas yang bagus juga sangat dianjurkan, sebab oli samping yang berkualitas biasa juga bisa menimbulkan kerak didalam ruang bakar yang akan berakibat buruk bagi kinerja mesin vespa. Untuk mencari tahu merk oli samping mana yang terbaik kalian bisa menanyakan teman yang sama sama menggunakan motor vespa di komunitas anda, sebab dipasaran banyak sekali dijual oli oli dengan kualitas bervariasi yang setiap penggunanya memiliki pengalaman yang berbeda.


3. Mengganti oli mesin setiap 1 bulan sekali

Anjuran dalam melakukan penggantian oli pada kendaraan skuter italia ini adalah 1 kali setiap bulannya, namun jika kalian jarang sekali menggunakan motor skuter ini kalian bisa melakukan penggantian oli setiap 2 bulan sekali.

4. Perawatan Karburator

Komponen karburator pada sebuah motor vespa yang sudah berusia uzur memang memiliki peranan yang sangat penting sebab dari karburator inilah bahan bakar serta udara dicampurkan yang selanjutnya dimasukkan kedalam ruang bakar untuk dibakar. Dan komponen ini juga termasuk yang suka sekali bermasalah dan membuat motor vespa kesayangan kalian menjadi sering mogok. Untuk merawat karburator tidaklah rumit, cukup lepas dan bersihkan karburator dari kerak atau kotoran yang menyumbat lubang lubang aliran bensin dengan alat penyemprot udara, karbu cleaner atau bisa juga dengan menggunakan bensin.

5. Melakukan perawatan Accu

Salah satu komponen yang paling penting didalam semua sistem kendaraan bermotor adalah Aki yang berfungsi untuk tenaga starter awal ketika mesin pertama kali dinyalakan. Nah untuk itulah kondisi aki motor vespa sebaiknya selalu kalian perhatikan dalam perawatannya. Cara mudah merawat aki sebenarnya sangat simpel namun banyak orang yang sepertinya mengabaikan mengenai komponen yang satu ini.

Cara merawat aki yang paling mudah adalah dengan memperhatikan kutub kutub aki dari kerak atau karat serta memantau ketinggian air aki agar tidak kekeringan. Oh iya, bila vespa kalian hendak ditinggal bepergian atau tidak dipakai dalam waktu yang lama alangkah sebaiknya aki tersebut dilepas dari kutub kutubnya.

Baca juga : Ketahui penyebab air aki cepat berkurang disini

6. Melakukan perawatan Pada Busi

Melakukan perawatan pada busi pun sangat dianjurkan bagi kalian pemilik motor vespa tua karena komponen inilah yang nantinya berfungsi sebagai pemetik bunga api sehingga proses pembakaran terjadi. Jika kalian tidak pernah merawat busi dengan baik, maka menggonta ganti komponen busi ini akan jadi makanan sehari hari kalian. Biasanya ada beberapa masalah yang seringkali menghampiri busi yang menyebabkan kerusakan diantaranya adalah sebagai berikut :

A. Timbulnya kerak pada busi

Kerak yang menumpuk pada kepala busi biasanya dihasilkan dari proses pembakaran yang kurang sempurna akibat penggunaan baik bahan bakar ataupun oli samping yang berkualitas buruk, sehingga busi akan tertutup oleh kerak kerak tadi dan membuatnya tidak bisa bekerja maksimal. Untuk itu sering seringlah melakukan pemeriksaan pada busi, membersihkan ruang bakar dan bila kalian selama ini menggunakan bahan bakar beroktan rendah sebaiknya mulai sekarang tinggalkan.

B. Masalah Pada Sistem Pengapian

Sering juga busi pada motor vespa menjadi cepat mati atau rusak yang diakibatkan karena masalah pengapian yang kurang bagus, maka dari itu sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan pada komponen koil, kondensor serta platina. Bila ada salah satu komponen tersebut mengalami disfungsi sebaiknya langsung dilakukan penggantian.

7. Merawat Kabel Persneling

Untuk kendaraan bermotor jenis vespa posisi persenelingnya berada pada bagian setir kemudi bagian kiri dimana pada posisi ini pula terdapat tuas kopling. Jadi disini ada setidaknya dua buah kabel baja yakni kabel untuk kopling dan juga untuk pemindah gigi. Untuk perawatan kabel kabel ini cukup kalian lakukan penyetelan yang benar serta perhatikan kondisi kabel kabel tersebut, bila sudah mau putus sebaiknya dilakukan penggantian.

8. Membersihkan Keran Bensin

Untuk melakukan pembersihan keran bensin ini anda perlu mengetahui type motor kalian ketika hendak membuka tangki bahan bakar. Sebab ada type motor vespa yang memiliki 2 buah tangki yaitu sebuah tangki bensin serta tangki oli guna sistem pencampur oli otomatis. Lepaslah keran bensin dan juga bagian bagiannya menggunakan kunci kunci yang pas, kemudian cucilah sampai bersih tangki tersebut menggunakan bensin agar kotoran yang ada terangkat semua, sementara itu untuk saluran keran bensin bisa kalian rendam dengan menggunakan bensin dan bisa kalian bersihkan.


Nah dengan rutin merawat dan memperhatikan mesin vespa kalian, maka kejadian motor mogok dijalan pun bisa dihindari sehingga membuat anda merasa aman dan nyaman ketika mengendarai motor vespa kalian tanpa takut mogok lagi. Bila kalian tidak mau repot repot merawatnya sendiri maka serahkanlah kepada bengkel ahli untuk melakukan perawatan rutin motor vespa kesayangan anda Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan untuk membantu blog ini berkembang :).


Subscribe to receive free email updates: